Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pawai Malam Takbiran

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pawai Malam Takbiran

Tribratanewsmanggarai.com- Rabu tanggal 19 April 2023 pukul 09.00 wita bertempat di ruangan kerja Kapolres Manggarai berlangsung rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pawai malam takbiran dan Sholat Idul Fitri 1444 H dalam rangka Operasi Ketupat Turangga - 2023.

Rapat dipimpin oleh Kapolres Manggarai AKBP  EDWIN SALEH, S I.K, M.H, turut hadir  Kasdim 1612 Manggarai   MAYOR INF.  TOPAN  NOVIANTO,  Kabag Ops Polres Manggarai AKP BURHANUDIN, Kasat Intelkam Polres Manggarai IPTU M. ALE DJENDO, Danki Brimob Kompi 2 Batalion B pelopor Manggarai IPTU JULHAEDI, Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai, anggota Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Manggarai, Ketua MUI Kabupaten Manggarai H. ABDULRACHMAN MAROLLA, Ketua PHBI Kecamatan Langke Rembong JAMALUDIN KEDANG.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Manggarai selaku pimpinan rapat menyampaikan hal - hal sebagai berikut :

1.   Rapat bertujuan untuk mengetahui gambaran umum  persiapan pawai malam takbiran dan sholat Idul Fitri khususnya diwilayah Kecamatan Langke Rembong serta ingin mendengar berbagai masukan dari pihak terkait dan FKUB untuk menjamin kelancaran dan ketertiban agenda kegiatan tersebut.

2. Pihak panitia diminta untuk  memberikan informasi terkait Rute pawai malam takbiran, waktu pelaksanaan dan perkiraan  jumlah umat yang hadir.

3.  Panitia perlu memikirkan  lokasi parkiran  sehingga tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas di sekitar Masjid.
 
4.  Melakukan pemetaan terhadap kemungkinan adanya masyarakat yang Pro dan Kontra dalam kegiatan tersebut, pemetaan daerah rawan macet sehingga Polres Manggarai dapat mengatur  perkuatan pengamanan.

5.  Menyiapkan rencana cadangan pada setiap agenda kegiatan dalam rangka  mengantisipasi kendala yang terjadi dilapangan termasuk perubahan cuaca yang tidak menentu sehingga perlu  dipersiapkan langkah - langkah lebih lanjut termasuk persiapan pengamanan.

Penyampaian dari Ketua PHBI Kecamatan Langke Rembong sebagai berikut :

1.  Rencana pelaksanaan  kegiatan sholat Idul Fitri untuk Muhamadiah akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 21 April 2023 pukul 06.00 wita bertempat di lapangan Futsal Karot, Kelurahan Karot sedangkan untuk NU rencananya dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 22 April 2023  pukul 06.00 wita terpusat di Masjid Agung Baiturrahman Ruteng namun masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia. 

2.  Pihak PHBI telah berkoordinasi dengan Dinas PU Kabupaten Manggarai terkait pemanfaatan lahan parkir Kantor Dinas PU untuk dijadikan lahan parkir bagi umat Muslim yang melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Agung Baiturrahman Ruteng, namun tetap menggunakan area badan jalan karena area parkir yang tersedia tidak cukup luas. 

3.  Kegiatan malam takbiran akan dilaksanakan dalam bentuk pawai obor  dengan berjalan kaki  dimulai dari Masjid Agung Baiturrahman Ruteng menuju Masjid Jihadul Ukhro melewati jalan Adi Sucipto selanjutnya kembali ke Masjid Agung Baiturrahman Ruteng melewati jalan Ahmad Yani dan Jalan Satar Tacik.

4.   PHBI telah melakukan koordinasi dengan Pihak BMKG Manggarai untuk mengetahui  cuaca saat pelaksanaan pawai malam takbiran dan sholat Idul Fitri dan cuaca bisa diprediksi cukup baik namun seperti arahan Kapolres Manggarai pihak PHBI akan berusaha menyiapkan rencana cadangan. 

5. Peserta pawai malam takbiran diperkirakan berjumlah kurang lebih 500 orang terdiri  dari pelajar SMA dan SMP serta  umat Muslim di Kecamatan Langke Rembong.

6.   PHBI akan berkoordinasi dengan tokoh lintas agama untuk melibatkan para Pemuda Katolik dan pemuda GMIT dalam membantu pengamanan serta kelancaran kegiatan pawai malam takbiran dan sholat Idul Fitri.

7.  Setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri, Bupati Manggarai dan Forkopimda akan hadir di Masjid Agung Baiturrahman Ruteng untuk bersilaturahmi dan mengucapkan  selamat Idul Fitri.


Rapat tersebut menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut :

1.   Para peserta rapat telah mengetahui gambaran kegiatan Pawai malam takbiran dan sholat Idul Fitri termasuk Rute  perkiraan jumlah umat yang hadir.

2.  Menyiapkan rencana kegiatan cadangan untuk mengantisipasi cuaca  yang tidak menentu dan kendala lain yang mungkin terjadi sehingga dapat menyesuaikan dengan pola pengamanan.

3.  Pihak PHBI  segera berkoordinasi dengan tokoh lintas Agama untuka melibatkan orang muda Katolik dan pemuda GMIT  dalam rangkaian kegiatan malam takbiran dan sholat Idul Fitri untuk mewujudkan rasa kebersamaan dan memupuk semangat toleransi.

4.  Perlu diapresiasi rencana Bupati Manggarai dan Forkopimda yang akan hadir di Masjid Baitturahman Ruteng sebagai wujud memberikan ucapan selamat kepada umat Muslim yang merayakan Idul Fitri, sehingga diharapkan kepada pihak PHBI untuk mengatur waktu  pelaksanaan kegiatan dan memastikan umat Muslim tidak meninggalkan Masjid setelah Sholat Idul Fitri.

5.   Kabag Ops Polres Manggarai agar koordinasikan dengan unsur pengamanan dari Kodim 1612 Manggarai, Satuan Pol PP dan Dinas perhubungan Kabupaten Manggarai untuk pelaksanaan pengamanan malam takbiran dan sholat Idul Fitri.