Polres Manggarai Terima Aksi Damai dari LSM LPPDM Terkait Tambang Ilegal di Pantai Iteng

Polres Manggarai Terima Aksi Damai dari LSM LPPDM Terkait Tambang Ilegal di Pantai Iteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 23 November 2023 - Hari Kamis, tanggal 23 November 2023, pukul 10.30 WITA, Mako Polres Manggarai menjadi saksi dari aksi damai yang diselenggarakan oleh LSM LPPDM di depan gedung tersebut. Aksi ini dipimpin oleh ketua LSM LPPDM, Marsel Nagus Ahang, SH, dan diikuti oleh empat anggota LSM.

Aksi damai ini dilaksanakan sebagai respons terhadap dugaan tambang ilegal galian C yang dilakukan oleh PT. GENTA selama lima bulan di pantai Iteng, Desa Tal, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai.

Dalam orasinya, ketua LSM LPPDM, Marsel Nagus Ahang, SH, menyampaikan beberapa poin penting terkait dugaan tambang ilegal tersebut. Poin-poin tersebut antara lain:

  1. Mengutuk dan menolak keras kegiatan penambangan pasir ilegal yang dilakukan PT. GENTA dan beberapa pihak terkait, yang berdampak besar terhadap kerusakan ekosistem pesisir, peningkatan risiko bencana, serta rusaknya habitat laut. Dampak ini kemudian dapat mengganggu roda perekonomian masyarakat di pesisir pantai Iteng, Desa Tal, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai.
  2. Menuntut Polres Manggarai segera mengambil tindakan represif untuk menghentikan kegiatan penambangan ilegal dan mencegah kerusakan lingkungan yang semakin massif.
  3. Mendesak Kepolisian Resor Manggarai untuk mengusut tuntas persoalan ini, menangkap, dan melakukan penyelidikan terhadap oknum-oknum terkait yang terlibat dalam kegiatan tambang ilegal.
  4. Menuntut Kepolisian Resor Manggarai mengusut aliran dana suap dan pemberian izin bawah tangan yang dilakukan PT. GENTA terhadap pihak terkait agar menutup mata terhadap kegiatan tambang pasir ilegal.

Setelah mendengar pernyataan sikap dari para peserta aksi damai, Wakapolres Manggarai, KOMPOL Karel Leokuna, S.Kom., M.M, menyampaikan beberapa hal, termasuk ucapan terima kasih kepada para peserta aksi damai karena menyampaikan aspirasi dengan damai dan tertib. Beliau juga berjanji akan menyampaikan tuntutan para peserta kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Rangkaian kegiatan aksi damai berakhir pada pukul 12.05 WITA, dengan para peserta meninggalkan Mako Polres Manggarai dalam keadaan aman dan tertib. Selama kegiatan berlangsung, pengamanan dilakukan oleh personil Polres Manggarai yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Manggarai, AKP Burhanudin.(MBA)