Polres Manggarai Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2023

Polres Manggarai Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2023

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 4 September 2023 - Pada hari Senin, tanggal 4 September 2023 pukul 08.00 WITA, Lapangan Apel Mapolres Manggarai menjadi saksi pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga - 2023 dengan tema "Kamseltibcarlantas Yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024". Acara ini dipimpin oleh Kapolres Manggarai, AKBP EDWIN SALEH, S.I.K., M.H, sementara Komandan Upacara dipegang oleh Kasubbag Watpers SDM Polres Manggarai, IPTU GEDE PINDRA. Turut hadir dalam acara ini Waka Polres Manggarai, KOMPOL KAREL LEOKUNA, S.KOM, M.M, para Kabag, para Kasat, perwira Polres Manggarai, Wadanki Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Manggarai, perwakilan Satpol PP Kabupaten Manggarai, dan perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai.

Peserta dalam Apel Gelar Pasukan ini terdiri dari satu peleton personel Kodim 1612 Manggarai, satu peleton Brimob Kompi 2 Batalyon B Pelopor Manggarai, satu peleton Dalmas Polres Manggarai, satu peleton Satuan Lalu Lintas Polres Manggarai, satu peleton gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan Sat Resnarkoba Polres Manggarai, satu peleton Satpol PP Kabupaten Manggarai, serta satu peleton Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kapolres Manggarai selaku Pimpinan Apel, Kapolda NTT menyampaikan beberapa poin penting:

  1. Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengukur kesiapan personel dan sarana pendukung dalam menjalankan Operasi Zebra Turangga - 2023. Tujuan utamanya adalah agar operasi ini dapat berjalan dengan optimal dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
  2. Data kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polda NTT pada tahun 2022 mencatat sebanyak 1.326 kejadian, dengan 406 orang meninggal dunia, 488 orang luka berat, dan 1.488 orang luka ringan. Terjadi peningkatan kecelakaan sebanyak 135 kejadian atau naik 11 persen dibandingkan tahun 2021. Jumlah pelanggaran lalu lintas juga meningkat drastis, mencapai 26.211 pelanggaran, naik 56 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
  3. Untuk mengatasi permasalahan lalu lintas ini, diperlukan tindakan dan kerja sama antara berbagai pihak, termasuk pemerintah. Penciptaan kondisi Kamseltibcarlantas yang kondusif memerlukan upaya komprehensif dan koordinasi antarinstansi terkait.
  4. Kapolda NTT mengingatkan pentingnya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan, yang menekankan pentingnya keamanan, keselamatan, kelancaran, dan ketertiban berlalu lintas, peningkatan kualitas keselamatan, budaya tertib berlalu lintas, serta pelayanan publik yang berkualitas.
  5. Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Turangga 2023, terdapat tujuh jenis pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran prioritas, termasuk pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi yang masih di bawah umur, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi yang tidak menggunakan helm SNI, dan pengemudi kendaraan bermotor yang tidak mematuhi aturan lalu lintas.

Operasi Zebra Turangga - 2023 ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan keselamatan berlalu lintas di wilayah hukum Polda NTT dan menciptakan kondisi yang kondusif menuju Pemilu Damai 2024.(MBA)