Petugas Bhabinkamtibmas Sambangi warga binaan di Desa B. Ajang Kecamatan Rahong Utara

Petugas Bhabinkamtibmas Sambangi warga binaan di Desa B. Ajang Kecamatan Rahong Utara

Tribratanewsmanggarai.com-

Kamis, 21 September 2023 - Petugas Bhabinkamtibmas, Aipda Ridwan Lubalu, melakukan patroli rutin dan menyambangi beberapa warga serta kios milik Bapak Finus di Kampung Pau Desa B. Ajang, Kecamatan Rahong Utara pada hari ini.

Pada kesempatan tersebut, Aipda Ridwan Lubalu memberikan sejumlah informasi penting kepada Bapak Finus dan beberapa warga masyarakat yang tengah berkumpul. Salah satu informasi yang disampaikan adalah mengenai maraknya kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini. Petugas Bhabinkamtibmas memberikan arahan kepada warga untuk selalu waspada terhadap kasus-kasus TPPO yang dapat mengancam masyarakat setempat.

Selain itu, petugas juga memberikan arahan mengenai pentingnya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi selama musim kemarau. Warga diminta untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan kebakaran dengan berhati-hati dalam menggunakan api di lingkungan sekitar.

Aipda Ridwan Lubalu juga memberikan peringatan mengenai potensi penularan Rabies dari hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Warga diminta untuk mengikat atau mengandangkan hewan-hewan peliharaan mereka untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan terkait dengan penularan penyakit tersebut.

Terkait dengan TPPO, petugas mengingatkan agar siapa pun yang mengetahui adanya penyaluran ilegal tenaga kerja, baik dalam negeri maupun luar negeri, untuk segera melaporkannya kepada Petugas Bhabinkamtibmas atau Kantor Polisi terdekat. Upaya ini bertujuan untuk mencegah kasus TPPO yang merugikan masyarakat.

Menariknya, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Bapak Finus dan beberapa warga, hingga saat ini belum ada laporan atau kejadian yang melibatkan tetangga atau keluarga mereka sebagai korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Hal ini menjadi kabar baik dan menunjukkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka. Petugas Bhabinkamtibmas berkomitmen untuk terus melakukan patroli dan memberikan edukasi kepada masyarakat demi menjaga situasi yang aman dan kondusif di Desa B. Ajang.(MBA)