Patroli Perintis Presisi Sat. Samapta Polres Manggarai Tingkatkan Kamtibmas di Ruteng

Patroli Perintis Presisi Sat. Samapta Polres Manggarai Tingkatkan Kamtibmas di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Manggarai Dalam rangka meningkatkan situasi Kamtibmas yang kondusif pada malam hari, Sat. Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi, Patroli Dialogis, dan Himbauan Kamtibmas pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024, pukul 22.00 WITA.

Patroli ini difokuskan pada area-area yang menjadi perhatian pimpinan lapangan Motangrua serta masyarakat yang masih beraktivitas di malam hari. Petugas patroli melakukan komunikasi langsung dengan warga untuk mencari informasi terkait gangguan keamanan sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Beberapa himbauan yang diberikan meliputi:

  • Pengguna sepeda motor diingatkan untuk tidak mengemudikan kendaraannya secara ugal-ugalan serta segera mengganti knalpot brong atau racing dengan knalpot standar guna mengurangi gangguan bagi masyarakat di malam hari.
  • Pemuda yang sedang nongkrong di jalanan diimbau untuk tidak mengonsumsi minuman keras secara berlebihan dan tidak minum di tempat umum, serta menghindari keluyuran hingga larut malam untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Patroli ini diharapkan dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di kota Ruteng, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat malam hari. Selain itu, patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah terjadinya kriminalitas dengan membatasi niat dan kesempatan, memberikan perlindungan serta rasa aman dan tentram kepada warga, serta menjalin hubungan kemitraan dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi mereka.

Kegiatan patroli ini dilakukan dengan berjalan kaki oleh tim yang terdiri dari 13 personel, dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas Aipda Kadek Suarsana. Patroli berlangsung dengan lancar dan situasi terpantau aman dan terkendali.(MBA)