Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Manggarai Jaga Stabilitas Kamtibmas di Ruteng

Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Manggarai Jaga Stabilitas Kamtibmas di Ruteng
Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Manggarai Jaga Stabilitas Kamtibmas di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai - Dalam upaya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Ruteng, pada hari Selasa, 2 Juli 2024, pukul 20.00 WITA, anggota Sat Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan Patroli Perintis Presisi, Patroli dialogis, dan himbauan Kamtibmas malam hari di dalam kota Ruteng.

Sasaran patroli kali ini mencakup pemukiman warga di Kelurahan Lawir, Leda, Pau, Tenda, Satar Tacik, dan Kelurahan Mbaumuku, serta masyarakat yang masih beraktivitas malam di beberapa tempat. Petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang masih beraktivitas malam guna mencari informasi terkait gangguan keamanan sambil menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Mereka juga memberikan himbauan agar tidak berkeliaran hingga larut malam untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Patroli ini diharapkan dapat mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di kota Ruteng, meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat pada malam hari, serta meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, patroli ini bertujuan untuk mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, rasa aman, serta rasa tenteram pada masyarakat, menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat, serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dilaksanakan dengan menggunakan satu unit kendaraan dinas R4 Dimex dengan kekuatan personel sebanyak tujuh orang yang dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas Aipda Kadek Suarsana. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan situasi terpantau aman terkendali.(MBA)