Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai, Jaga Kamtibmas di Kota Ruteng

Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai, Jaga Kamtibmas di Kota Ruteng
Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai, Jaga Kamtibmas di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 3 Juni 2024 - Pada hari ini, Senin pukul 10.00 WITA, anggota Satuan Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat patroli dialogis, pengaturan, dan himbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di beberapa lokasi dalam kota Ruteng.

Sasaran patroli kali ini meliputi kerumunan masyarakat di berbagai tempat, pertokoan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perempatan, serta para penumpang di beberapa titik, juga arus lalu lintas. Dalam pelaksanaannya, petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, termasuk tukang ojek dan sopir angkot, untuk mengingatkan mereka agar memarkir kendaraannya di tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda dan pengelola parkiran.

Selain itu, petugas memberikan himbauan tentang pentingnya menjaga Kamtibmas dan ketertiban lalu lintas dalam rangka mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan kemacetan arus lalu lintas, baik di area pertokoan maupun tempat lainnya dalam maupun luar kota. Hal ini terutama penting dalam menghadapi pentahapan menjelang Pemilu Gubernur/Walikota dan Pemilihan Bupati.

Selama kegiatan patroli, petugas juga mencari informasi dari masyarakat mengenai hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas, seperti pencurian dan pencopetan.

Patroli ini merupakan upaya untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktivitasnya. Selain itu, kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, serta memberikan rasa aman dan tentram pada masyarakat. Patroli juga bertujuan menjalin hubungan baik dengan masyarakat sebagai mitra untuk mendapatkan informasi dan partisipasi, serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dialogis, penertiban, dan pengaturan lalu lintas ini dilaksanakan dengan berjalan kaki, melibatkan delapan personel yang dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas Samapta, Aipda Kadek Suarsana.

Kegiatan berlangsung dengan baik, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman dan terkendali, serta arus lalu lintas tertib dan lancar.(MBA)