Patroli dan Himbauan Kamtibmas di Kampung Teras, Desa Liang Bua untuk mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Hewan Penular Rabies (HPR), dan kenakalan remaja.

Patroli dan Himbauan Kamtibmas di Kampung Teras, Desa Liang Bua untuk mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Hewan Penular Rabies (HPR), dan kenakalan remaja.

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai-Pada hari ini, Senin, 30 September 2024, Polsek setempat melaksanakan kegiatan patroli dan kunjungan di Kampung Teras, Desa Liang Bua. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya himbauan Kamtibmas untuk mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Hewan Penular Rabies (HPR), dan kenakalan remaja.

Dalam kesempatan tersebut, petugas bertemu dengan Bapak Hendrik beserta keluarga dan warga lainnya. Bapak Hendrik menginformasikan bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarganya yang menjadi korban TPPO.

Petugas Bhabinkamtibmas kemudian melakukan koordinasi dan menyampaikan edukasi serta sosialisasi terkait beberapa isu penting sebagai berikut:

  1. Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan TPPO

Petugas mengajak warga untuk tidak tergiur oleh tawaran bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji tinggi. Ditekankan bahwa bagi warga yang ingin bekerja di luar negeri, sebaiknya mengikuti jalur resmi melalui PJTKI. Jika ada warga yang mendapatkan tawaran kerja di luar daerah atau negeri, diharapkan untuk segera melaporkannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat guna mencegah terjadinya TPPO.

  1. Sosialisasi dan Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Petugas menghimbau kepada Bapak Hendrik dan warga lainnya untuk mengingatkan pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, agar menjaga hewan tersebut agar tidak menggigit manusia. Langkah ini diambil untuk mencegah korban gigitan rabies.

  1. Pencegahan Gangguan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas juga mengajak Bapak Hendrik dan warga untuk melaporkan setiap gangguan Kamtibmas kepada petugas dan untuk menghindari tindakan main hakim sendiri.

  1. Menjaga Stabilitas Kamtibmas Selama Tahapan Pilkada 2024

Ditekankan pentingnya menjaga situasi Kamtibmas menjelang Pilkada 2024 agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan aman dan lancar.

Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar, dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kampung Teras, Desa Liang Bua dalam menjaga keamanan dan ketertiban.(MF)