KP3 Laut Pelabuhan Reo Gelar Pengamanan Aktifitas Bongkar Muat di Pelabuhan Laut Kelas II Reo

KP3 Laut Pelabuhan Reo Gelar Pengamanan Aktifitas Bongkar Muat di Pelabuhan Laut Kelas II Reo
KP3 Laut Pelabuhan Reo Gelar Pengamanan Aktifitas Bongkar Muat di Pelabuhan Laut Kelas II Reo

Tribratanewsmanggarai.com-

Reok, 22 Oktober 2024 – Guna memastikan situasi di Pelabuhan Laut Kelas II Reo aman dan aktivitas berjalan lancar, KP3 Laut Reo menggelar kegiatan pengamanan terhadap aktivitas bongkar muat kapal kontainer KM Express Mas pada Selasa pagi. Kegiatan berlangsung sejak pukul 09.30 WITA di pelabuhan yang terletak di Kelurahan Baru, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai.

Kapal kontainer KM Express Mas, yang beroperasi dengan agen PT Mentari Mas Multimoda, melibatkan tenaga kerja bongkar muat dari PT Citra Baru dengan total 40 orang Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang aktif di Pelabuhan Reo.

Dari kegiatan bongkar muat ini, tercatat total 119 kontainer dengan berat 2068 ton berhasil dibongkar dari kapal. Sementara itu, kapal memuat kembali 105 kontainer kosong untuk pelayaran berikutnya.

Selain pengamanan, petugas KP3 Laut Reo juga memberikan himbauan terkait keselamatan kerja kepada para sopir dan buruh TKBM. Mereka diingatkan untuk selalu mengutamakan keselamatan, menggunakan alat pelindung diri (APD) sesuai standar operasional (SOP), serta menjaga kebersihan area pelabuhan.

Kegiatan pengamanan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Laut Reo, Aipda Dhono Pudji, yang menurunkan dua personel untuk memastikan semua berjalan sesuai rencana. Aktivitas bongkar muat selesai pada pukul 11.30 WITA dengan kondisi aman dan lancar.

Pengamanan yang dilakukan KP3 Laut Reo ini merupakan wujud dukungan terhadap pengelolaan manajemen pelabuhan demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor perhubungan laut.

Hingga saat ini, situasi di Pelabuhan Laut Kelas II Reo terpantau kondusif.(MBA)