Kapolres Manggarai Pimpin Apel Mingguan dan Sampaikan Arahan Penting

Kapolres Manggarai Pimpin Apel Mingguan dan Sampaikan Arahan Penting

Tribratanewsmanggarai.com-

Polres Manggarai, 30 Oktober 2023 - Pada hari Senin, tanggal 30 Oktober 2023, pukul 07.30 WITA, bertempat di lapangan Apel Polres Manggarai, telah berlangsung Apel Mingguan Polres Manggarai yang dipimpin oleh Kapolres Manggarai, AKBP EDWIN SALEH, S.I.K, M.H. Acara tersebut dihadiri oleh Wakapolres Manggarai, KOMPOL KAREL LEOKUNA, S.Kom, M.M, serta para Kabag, Kasat, Kapolsek, Perwira, dan anggota Polres Manggarai.

Kapolres Manggarai dalam kesempatan ini menyampaikan sejumlah arahan dan penekanan yang sangat penting untuk diperhatikan oleh seluruh personil Polres Manggarai:

  1. Terkait dengan rencana kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI ke Kabupaten Manggarai yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober 2023 dan hingga saat ini belum dapat dipastikan jadwalnya. Untuk saat ini, paket bantuan dari Presiden RI sebanyak 1.996 paket telah dititipkan di Polres Manggarai. Oleh karena itu, kepada unit SPKT dan seluruh anggota, diharapkan untuk menjaga dan mengamankan paket bantuan tersebut.
  2. Dalam beberapa waktu lalu, beredar informasi di media mengenai tahanan di Polres lain yang hanya mengenakan celana dalam, yang menandakan adanya kebocoran dalam pengamanan tahanan. Oleh karena itu, Satuan Tahanan (Sat Tahti) diminta untuk meningkatkan pengawasan. Selain itu, anggota yang ingin memeriksa tahanan harus mendapatkan izin dari petugas piket, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, tidak ada saling menyalahkan.
  3. Kasus perselisihan internal yang terjadi di Polres lain hingga berujung kasus penganiayaan terhadap salah seorang korban menjadi peringatan agar hal serupa tidak terjadi di Polres Manggarai.
  4. Terkait dengan kegiatan Paminal Polda NTT yang baru-baru ini bertujuan menertibkan kendaraan anggota yang diduga banyak yang tidak memiliki dokumen yang lengkap, hal tersebut harus dipatuhi. Jika ditemukan adanya pelanggaran, diharapkan kerja sama dan tidak bersikukuh, karena setiap permasalahan akan dicari solusinya.
  5. Bagi anggota yang terlibat dalam operasi Mantap Brata, mereka diharapkan melaksanakan tugasnya dengan baik dan juga diminta untuk mendownload aplikasi SOT guna mendukung pelaporan kegiatan. Hak anggota akan dibagikan sesuai dengan kehadiran mereka, dan Propam akan melakukan pengawasan, karena pelanggaran dalam operasi akan dikenakan sanksi yang lebih berat dibandingkan kegiatan rutin.
  6. Perintah pimpinan yang sangat jelas adalah selama berlangsungnya operasi Mantap Brata, seluruh anggota tidak diperkenankan untuk mengajukan izin dan cuti, kecuali terdapat keadaan insidentil yang memaksa.
  7. Pada tanggal 1 hingga 2 November 2023, dijadwalkan akan ada apel Kasatwil di Jakarta yang akan dihadiri oleh seluruh Kapolda dan Kapolres.
  8. Bagian Operasi (Bag Ops) diwajibkan untuk melaksanakan anev Mingguan dan hasilnya harus dilaporkan ke Satuan atas.
  9. Kapolres Manggarai juga memberikan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas yang telah berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor. Seluruh anggota diingatkan untuk menghindari tindakan yang dapat menyudutkan Polri, terutama dalam penanganan terduga pelaku.

Apel Mingguan Polres Manggarai tersebut berlangsung dengan penuh semangat dan keseriusan, mencerminkan komitmen Polres Manggarai dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Semua arahan dan penekanan dari Kapolres Manggarai diharapkan dapat menjadi pedoman bagi seluruh anggota Polres Manggarai dalam menjalani tugas mereka dengan baik.(MBA)