Kapolres Manggarai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2024

Kapolres Manggarai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2024
Kapolres Manggarai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2024
Kapolres Manggarai Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2024

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 14 Oktober 2024 – Kapolres Manggarai, AKBP Edwin Saleh, S.I.K., M.H., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2024 di Lapangan Apel Mapolres Manggarai pada Senin, 14 Oktober 2024, pukul 08.30 WITA. Operasi ini bertujuan mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tertib lalu lintas demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Polres Manggarai.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat penting, di antaranya:

  • Dandim 1612/Manggarai, Letkol INF Budiman Manurung, yang diwakili oleh Pasi Ter Kodim 1612/Manggarai, Kapten Arh Lipris M.A. Saefatu.
  • Kompol Karel Leokuna, S.Kom., M.M.
  • IPTU Julhaidi, Danki Brimob B Pelopor Kompi 2.
  • Kepala Jasaraharja Kabupaten Manggarai, Yosi Iriantono.
  • Kabit Trantib Satpol PP Kabupaten Manggarai, Jamaludin Kedang.
  • Perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai, Bernadus.

Apel ini juga diikuti oleh sejumlah satuan upacara yang terdiri dari:

  • 1 peleton perwira Polres Manggarai.
  • 1 regu anggota Kodim 1612/Manggarai.
  • 1 regu anggota Brimob Kompi 2 Yon B Pelopor.
  • 6 peleton anggota Polres Manggarai.

Dalam amanat Kapolda NTT yang dibacakan Kapolres Manggarai, menekankan pentingnya kesiapan personel dan sarana pendukung guna memastikan kelancaran Operasi Zebra Turangga 2024. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, mulai dari 14 hingga 27 Oktober 2024, dan melibatkan 902 personel dari Polda NTT dan Polres jajaran.

Data kecelakaan lalu lintas semester 1 tahun 2024 menunjukkan penurunan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jumlah kecelakaan turun 7% dengan 658 kejadian, sementara korban meninggal dunia turun 18% menjadi 168 orang. Korban luka berat juga berkurang 10% menjadi 273 orang, dan korban luka ringan turun 5% menjadi 767 orang. Namun, jumlah pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan 66%, dengan total 15.771 pelanggaran tercatat di semester pertama tahun ini.

Kapolres Manggarai menegaskan pentingnya upaya pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran lalu lintas agar tidak terus meningkat. Operasi Zebra Turangga 2024 ini bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih disiplin dalam berlalu lintas guna menciptakan Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman di wilayah Manggarai.(MBA)