Himbauan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Kejahatan Remaja oleh Bhabinkamtibmas Polres Manggarai

Himbauan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Kejahatan Remaja oleh Bhabinkamtibmas Polres Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 18 Agustus 2023 - Satuan Binmas Polres Manggarai terus gencar dalam melakukan upaya pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO), Karhutla (kebakaran Hutan dan Lahan), dan kenakalan remaja di wilayah hukum Polres Manggarai. Pada hari Jumat, tanggal 18 Agustus 2023, pukul 09.30 WITA, bertempat di Rumah Gendang Lawir, Kelurahan Lawir, Kecamatan Langke Rembong, dilaksanakan kegiatan himbauan kamtibmas yang melibatkan anggota Bhabinkamtibmas serta sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat terkait.

Dalam kegiatan tersebut, AIPDA Flavianus Jedaut, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, didampingi oleh Lurah Lawir, Bapak Isfridus D. Genggor, Sp dan staf, Ketua RT 006 Bapak Ardi Lurum, Polisi RW Aipda Sipri Rasing, Kanit Binpolmas Aipda Sutikno, dan para tokoh adat (Tua Gendang) turut hadir.

Salah satu poin penting yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah himbauan terkait atensi khusus dari Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) terkait pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO). TPPO merupakan masalah yang semakin mengkhawatirkan di wilayah NTT. Para petugas dan pejabat yang hadir sangat menekankan pentingnya peran serta serta kerjasama dari seluruh unsur masyarakat dalam upaya memerangi tindak pidana perdagangan orang ini.

AIPDA Flavianus Jedaut dan timnya juga mengingatkan masyarakat untuk tidak tergiur dengan bujuk rayu yang dilakukan oleh para penyalur jasa tenaga kerja ilegal. Masyarakat diharapkan agar segera melaporkan atau memberikan informasi kepada pihak yang berwajib atau petugas Bhabinkamtibmas jika mengetahui adanya rencana penyaluran jasa tenaga kerja ilegal atau tenaga kerja ilegal yang hendak berangkat ke luar negeri. Langkah ini diambil untuk mencegah berbagai risiko dan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh praktik TPPO.

Kegiatan himbauan kamtibmas ini mencerminkan komitmen Satuan Binmas Polres Manggarai dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mencegah terjadinya tindak pidana perdagangan orang dan kejahatan remaja. Diharapkan melalui kerjasama yang erat antara pihak kepolisian, tokoh masyarakat, dan seluruh warga, wilayah Polres Manggarai dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh penduduknya.(MBA)