Cegah TPPO, Bhabinkamtibmas Sambangi Rumah Gendang Kampung Sesa

Cegah TPPO, Bhabinkamtibmas Sambangi Rumah Gendang Kampung Sesa

tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Kamis (06/07/2023) - Pukul 10.30 Wita, Bhabinkamtibmas melakukan kunjungan sambang ke Rumah Gendang Kampung Sesa, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai. Dalam kunjungan ini, Bhabinkamtibmas bertemu dengan Tua adat Sesa, Bapak Marsel Pantur, untuk menyampaikan himbauan mengenai pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Kunjungan ini mendapat sambutan baik dari Tua adat Sesa dan warga masyarakat setempat. Dalam diskusi bersama, terungkap bahwa di Kampung Sesa, Desa Persiapan Benteng Todo, hingga saat ini belum ada warga yang berangkat dan bekerja di luar negeri. Tua adat Sesa juga menginformasikan kepada petugas Bhabinkamtibmas bahwa belum ada oknum yang datang untuk melakukan perekrutan warga.

Berdasarkan informasi tersebut, petugas Bhabinkamtibmas menyampaikan beberapa himbauan terkait TPPO yang harus disampaikan kepada warga lain dan keluarga masing-masing, antara lain:

  1. Apabila ada orang yang datang baik dari pihak lain maupun dari keluarga sendiri dengan tujuan mencari warga yang ingin bekerja dan dikirim ke luar negeri, segera laporkan kepada pemerintah desa atau langsung kepada petugas Bhabinkamtibmas.
  2. Jangan mudah percaya atau tergiur dengan janji palsu yang disampaikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Penting juga untuk berhati-hati dan selalu memverifikasi informasi yang diterima.
  3. Gunakan jalur resmi yang telah diatur oleh pemerintah jika berniat bekerja di luar negeri. Dengan menggunakan jalur resmi, diharapkan adanya perlindungan dan bantuan dari pemerintah apabila terjadi kendala di tempat kerja.

Himbauan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Mereka mengucapkan terima kasih kepada petugas Bhabinkamtibmas dan berkomitmen untuk meneruskan himbauan tersebut kepada keluarga dan warga lainnya. Dengan adanya kesadaran dan tindakan preventif ini, diharapkan Kampung Sesa dan masyarakat sekitar dapat terhindar dari ancaman TPPO serta kerugian yang mungkin ditimbulkan.(MBA)