BRIPTU Charles Darwin Yansen, Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak Melaksanakan Patroli Dialogis di Desa Ketang, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai

BRIPTU Charles Darwin Yansen, Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak Melaksanakan Patroli Dialogis di Desa Ketang, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Kabupaten Manggarai, Senin, 30 Oktober 2023 - Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak, BRIPTU Charles Darwin Yansen, yang berada di bawah naungan Polres Manggarai Polda NTT, melaksanakan patroli dialogis di wilayah Desa Ketang, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, pada hari Senin, 30 Oktober 2023, pukul 12.00 Wita.

Dalam pelaksanaan patroli dialogisnya, BRIPTU Charles Darwin Yansen mengunjungi wilayah Wae Lelang, di mana ia menyambangi warga yang sedang berkumpul. Tujuan dari kunjungannya adalah untuk menyampaikan pesan-pesan penting terkait dengan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), yang juga merupakan bagian dari himbauan Bapak Kapolres Manggarai, terutama berkaitan dengan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Beberapa pesan yang disampaikan oleh BRIPTU Charles Darwin Yansen kepada warga meliputi:

a. Hati-hati terhadap Penawaran Pekerjaan di Luar Kota atau Luar Negeri

Warga diminta untuk tidak mudah percaya dengan bujuk rayu orang-orang yang menawarkan pekerjaan di luar Kota atau bahkan di luar negeri dengan janji upah atau gaji yang besar. Kesadaran ini penting untuk menghindari terjerat dalam praktik TPPO yang sangat merugikan.

b. Peran Orang Tua dalam Melindungi Anak-Anak

Orang tua diminta untuk selalu menjaga anak-anaknya agar tidak terpengaruh oleh bujuk rayu oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang bahaya TPPO adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga keamanan keluarga.

c. Melapor jika Ada Rekrutmen Tenaga Kerja yang Mencurigakan

Bila ada oknum-oknum yang tidak dikenal datang ke rumah untuk merekrut tenaga kerja, BRIPTU Charles Darwin Yansen mendorong warga untuk segera menginformasikan hal tersebut kepada Pemerintah Desa atau petugas Bhabinkamtibmas. Hal ini dapat membantu mencegah praktik TPPO dan menjaga keamanan komunitas.

d. Bersama-sama Menjaga Keluarga dari Ancaman TPPO

Terakhir, BRIPTU Charles Darwin Yansen mengajak semua warga untuk bersama-sama menjaga keluarga mereka agar tidak menjadi korban TPPO. Kolaborasi antara warga dan aparat keamanan adalah kunci untuk menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari praktik kejahatan.

Patroli dialogis ini adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak, BRIPTU Charles Darwin Yansen, dalam rangka menjaga kamtibmas, mencegah TPPO, dan memastikan keamanan serta ketertiban masyarakat di wilayahnya. Upaya seperti ini merupakan wujud nyata dari peran polisi dalam melindungi dan melayani masyarakat.(MBA)