BRIPKA Adrianus G Suman Himbau Masyarakat Wae Ri'i Waspada Terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang, HPR, dan Bencana Alam

BRIPKA Adrianus G Suman Himbau Masyarakat Wae Ri'i Waspada Terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang, HPR, dan Bencana Alam

Tribratanewsmanggarai.com-

Pada hari Senin, 29 April 2024, pukul 13.00 Wita, BRIPKA Adrianus G Suman, Bhabinkamtibmas Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai, melakukan kegiatan patroli dan sambang di Dusun Rua, Desa Golo Watu.

Dalam kesempatan tersebut, BRIPKA Adrianus G Suman menyampaikan pesan-pesan penting terkait dengan keamanan dan keselamatan masyarakat, yang juga merupakan arahan dari Kapolres Manggarai. Berikut adalah himbauan yang disampaikan:

A. Himbauan terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): BRIPKA Adrianus mengingatkan masyarakat agar tidak mudah tergiur dengan tawaran pekerjaan di luar kota atau bahkan di luar negeri yang menjanjikan imbalan yang besar. Jika ada orang yang tidak dikenal mendatangi rumah untuk merekrut tenaga kerja, segera laporkan kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas.

B. Himbauan tentang bahaya gigitan Hewan Peliharaan yang Rabies (HPR): Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, atau monyet diminta untuk melakukan vaksinasi rabies secara rutin di Puskeswan terdekat. Selain itu, pemilik hewan peliharaan diharapkan untuk mengikat atau mengandangkan hewan peliharaannya guna menghindari bahaya gigitan HPR.

C. Himbauan terkait bencana alam: Warga yang tinggal di dekat tebing atau bukit diminta untuk bersiap-siap melakukan evakuasi mandiri jika wilayah mereka diguyur hujan lebat dengan durasi lama lebih dari satu jam. Evakuasi mandiri harus dilakukan dengan aman atau dengan bantuan petugas setempat. Selain itu, jika terjadi bencana banjir atau tanah longsor, masyarakat diminta untuk segera menginformasikan ke Petugas Bhabinkamtibmas, Babinsa, atau kepada aparat Desa setempat untuk penanganan lebih lanjut.

BRIPKA Adrianus G Suman menegaskan pentingnya kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi potensi bahaya tersebut demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama.(MBA)