Patroli Presisi Samapta Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024 di Kabupaten Manggarai

Patroli Presisi Samapta Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024 di Kabupaten Manggarai
Patroli Presisi Samapta Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024 di Kabupaten Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Kabupaten Manggarai, 10 November 2023 - Dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilihan Umum 2024, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan Patroli Presisi pada hari Jumat, tanggal 10 November 2023, pukul 20.00 WITA. Kegiatan patroli melibatkan 6 orang petugas yang menggunakan kendaraan roda 4, dipimpin oleh KBO SAMAPTA IPDA I Wayan Guna.

Patroli tersebut tidak hanya terbatas pada aspek pengamanan fisik, namun juga melibatkan interaksi dialogis dengan masyarakat sekitar. Sasaran patroli mencakup para sopir travel, tukang ojek, serta masyarakat yang sedang melakukan aktivitas di sekitar pertokoan.

Dalam giat Patroli Dialogis, petugas berkomunikasi secara aktif dengan masyarakat yang berkerumun, menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, dan memberikan himbauan khusus terkait Pemilihan Umum 2024. Himbauan tersebut mencakup ajakan untuk menjaga dan menciptakan situasi yang aman dan kondusif serta antisipasi terhadap tindak pidana atau kejahatan seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Petugas juga memberikan himbauan kepada sopir travel dan tukang ojek agar mematuhi ketentuan berlalu lintas, dengan mengutamakan keselamatan penumpang. Masyarakat yang sedang beraktivitas juga diingatkan untuk selalu waspada terhadap potensi aksi kejahatan, dan diminta untuk melaporkan kepada petugas kepolisian apabila menemui tindakan melawan hukum.

Selain itu, dilakukan giat sambang di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai. Petugas berdialog dengan petugas KPU terkait situasi menjelang Pemilu 2024, memastikan koordinasi yang baik dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses demokrasi.

Tujuan utama dari patroli ini adalah meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang dapat memicu terjadinya kriminalitas. Upaya ini juga diarahkan untuk mencegah gangguan kamtibmas serta memberikan rasa aman kepada seluruh warga.

Polres Manggarai berkomitmen untuk terus menjalankan kegiatan patroli presisi secara berkala guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama menjelang agenda besar seperti Pemilihan Umum 2024.(MBA)