Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas BRIPKA ADRIANUS G SUMAN di Desa Ndehes Kecamatan Wae Ri'i Kabupaten Manggarai

Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas BRIPKA ADRIANUS G SUMAN di Desa Ndehes Kecamatan Wae Ri'i Kabupaten Manggarai

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 04 Desember 2023 - Pada hari ini, Senin (04/12/2023) pukul 13.00 Wita, Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) BRIPKA ADRIANUS G SUMAN melaksanakan kegiatan patroli dan sambang di Kantor Desa Ndehes, Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai.

Dalam kesempatan ini, Bhabinkamtibmas BRIPKA ADRIANUS G SUMAN menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan meneruskan himbauan dari Bapak Kapolres Manggarai yang terkait dengan berbagai aspek keamanan dan ketertiban masyarakat. Berikut beberapa poin yang disampaikan:

A. Himbauan Terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya dengan bujuk rayu orang-orang yang menawarkan pekerjaan di luar kota atau luar negeri dengan iming-iming upah/gaji yang besar. Apabila ada oknum yang tidak dikenal mencoba merekrut tenaga kerja, diharapkan segera menginformasikan kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas. Kerjasama antarwarga diharapkan untuk menjaga keluarga agar tidak menjadi korban TPPO.

B. Himbauan Bahaya Gigitan Hewan Penyebar Rabies (HPR): Bhabinkamtibmas mengimbau masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, hingga monyet untuk selalu melakukan vaksinasi rabies secara rutin ke Puskeswan terdekat. Selain itu, pemilik hewan peliharaan diharapkan mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka untuk mencegah bahaya gigitan HPR.

C. Himbauan Pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan): Bhabinkamtibmas aktif dalam kegiatan himbauan kepada masyarakat terkait pencegahan Karhutla. Dia menekankan kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, mengingat dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan.

D. Himbauan Terkait Kenakalan Remaja: Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada para remaja untuk menjauhi pergaulan bebas, seperti merokok, seks bebas, dan kenakalan remaja lainnya. Dia menegaskan bahwa hal tersebut akan berdampak buruk bagi masa depan para remaja.

E. Pemilu Damai: Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat agar bijak dalam berpolitik, mengingat pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan. Dia menekankan agar perbedaan pilihan politik tidak merusak hubungan keluarga dan kekerabatan. Bhabinkamtibmas juga menghimbau agar selalu menjaga situasi kamtibmas di wilayah tempat tinggal masing-masing, khususnya menjelang Pemilu.

Dengan giat patroli dan sambang ini, diharapkan keterlibatan Bhabinkamtibmas BRIPKA ADRIANUS G SUMAN dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Desa Ndehes serta wilayah sekitarnya.(MBA)