Jamin Stabilitas Kamtibmas, Satuan Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis

Jamin Stabilitas Kamtibmas, Satuan Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis
Jamin Stabilitas Kamtibmas, Satuan Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng - Dalam upaya menjamin stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), pada hari ini Selasa, 11 Juni 2024 pukul 09.00 WITA, anggota Satuan Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis, memberikan himbauan Kamtibmas, serta pengaturan lalu lintas di beberapa tempat dalam kota Ruteng.

Sasaran patroli kali ini meliputi kerumunan masyarakat yang berkumpul di berbagai lokasi, seperti pasar, pedagang, pengunjung atau pembeli, tukang ojek, sopir angkot, pertigaan, perempatan, serta para penumpang dan arus lalu lintas.

Dalam pelaksanaannya, petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat, termasuk pedagang dan pembeli di pasar, tukang ojek, dan sopir angkot. Mereka memberikan arahan agar memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah, serta memberikan himbauan tentang Kamtibmas dan Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcar Lantas) untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas di area pasar, perempatan, maupun tempat lainnya. Petugas juga mencari informasi di tengah pedagang mengenai harga sembako serta hal-hal lainnya yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Patroli dialogis ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas. Tujuan lainnya adalah meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, rasa aman, serta rasa tentram kepada masyarakat. Selain itu, patroli ini juga bertujuan menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat serta membatasi gerak provokator dan separatis di tengah masyarakat.

Patroli dialogis, penertiban, dan pengaturan lalu lintas dilaksanakan dengan berjalan kaki oleh delapan personel yang dipimpin oleh Kanit 1 Dalmas Samapta Aipda Kadek Suarsana. Kegiatan berlangsung dengan baik, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali serta arus lalu lintas tertib dan lancar.

Kegiatan patroli dialogis ini merupakan bagian dari upaya Satuan Samapta Polres Manggarai untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Ruteng. Dengan kehadiran polisi yang terus-menerus di tengah masyarakat, diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman, serta mengurangi potensi terjadinya tindak kriminalitas. Masyarakat juga diharapkan semakin proaktif dalam memberikan informasi dan bekerja sama dengan pihak kepolisian demi terciptanya lingkungan yang aman dan kondusif.(MBA)