Bripka Adrianus G Suman Berikan Himbauan Kamtibmas di Desa Golo Cador, Kecamatan Wae Ri'i

Bripka Adrianus G Suman Berikan Himbauan Kamtibmas di Desa Golo Cador, Kecamatan Wae Ri'i

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 26 September 2023 - Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Kecamatan Wae Ri'i, Bripka Adrianus G Suman, menjalankan tugasnya dengan patroli dan sambang di Desa Golo Cador pada hari Selasa, 26 September 2023. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di wilayahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Adrianus G Suman menyampaikan sejumlah pesan kamtibmas yang penting kepada warga masyarakat. Beberapa hal yang disampaikan dalam himbauan tersebut meliputi:

A. Himbauan Terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bripka Adrianus G Suman mengingatkan warga agar tidak mudah percaya dengan bujuk rayu orang-orang yang menawarkan pekerjaan di luar kota atau luar negeri dengan janji upah atau gaji yang besar. Jika ada oknum-oknum yang tidak dikenal yang datang ke rumah untuk merekrut tenaga kerja, masyarakat diharapkan segera menginformasikan hal tersebut kepada Pemerintah Desa atau Petugas Bhabinkamtibmas. Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu mencegah kasus-kasus TPPO dan melindungi warga dari potensi ancaman tersebut.

B. Himbauan Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR) Dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat, Bripka Adrianus G Suman menghimbau kepada pemilik hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan bahkan monyet, untuk secara rutin melakukan vaksinasi rabies di Puskeswan terdekat. Selain itu, penting juga untuk mengikat atau mengkandangkan hewan peliharaan guna mencegah bahaya gigitan hewan yang terinfeksi rabies.

C. Himbauan Pencegahan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan kepada masyarakat terkait pencegahan Karhutla. Dalam hal ini, warga diminta untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Upaya ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat merusak lingkungan dan mengancam keselamatan masyarakat.

D. Himbauan Pencegahan Kenakalan Remaja Terakhir, Bripka Adrianus G Suman memberikan himbauan kepada para remaja untuk menjauhi pergaulan bebas seperti merokok, seks bebas, dan kenakalan remaja lainnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar masa depan mereka tetap terjaga dan tidak terjerumus dalam perilaku yang merugikan.

Bripka Adrianus G Suman menekankan pentingnya kerjasama antara masyarakat dan aparat kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Wae Ri'i. Upaya seperti ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga.(MBA)