Samapta Polres Manggarai Jalankan Patroli Dialogis jaga Kamtibmas dan Kenyamanan Masyarakat Ruteng

Samapta Polres Manggarai Jalankan Patroli Dialogis jaga Kamtibmas dan Kenyamanan Masyarakat Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Senin, 30 Oktober 2023 - Anggota Samapta Polres Manggarai, melaksanakan giat Patroli Dialogis dan pengaturan arus lalu lintas pada hari ini. Dalam upaya untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, serta mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, kegiatan ini telah dilaksanakan dengan sukses.

Sasaran patroli yang dilakukan oleh petugas Samapta meliputi kerumunan orang di Terminal, sopir angkot, tukang ojek, serta arus lalu lintas di dalam Kota Ruteng. Petugas berkomunikasi dialogis dengan masyarakat yang berkerumun, menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Mereka juga memberikan himbauan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya tindak pidana atau kejahatan lainnya, seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada sopir dan tukang ojek agar mematuhi ketentuan yang berlaku dalam mengemudikan kendaraan, dengan mengutamakan keselamatan penumpang. Mereka berdialog dengan masyarakat dari luar kota untuk mencari informasi tentang gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi. Selain itu, petugas memberikan himbauan kepada masyarakat yang beraktivitas agar tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak mudah terprovokasi oleh isu atau informasi yang tidak benar (hoax), demi menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat sehingga mereka merasa aman dalam beraktivitas dan senang dengan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah mereka. Dengan meningkatnya kehadiran polisi, diharapkan dapat mencegah faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, serta memberikan rasa aman, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat.

Patroli ini melibatkan sebanyak 8 orang petugas, yang dipimpin oleh Kanit Turjawali, yaitu Aiptu Ferdy Ador. Mereka telah dengan penuh dedikasi melaksanakan tugas mereka dalam upaya menjaga kamtibmas dan memberikan rasa aman kepada masyarakat Kota Ruteng.(MBA)