Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng Himbau Warga waspada Kasus TPPO dan Lindungi Lingkungan

Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng Himbau Warga waspada Kasus TPPO dan Lindungi Lingkungan

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, Selasa, 26 September 2023 - Hari ini, Aipda Arkadius Modestus Arno, Bhabinkamtibmas Kecamatan Ruteng, melakukan kunjungan ke warga masyarakat di Desa Anam Bulan, Kecamatan Ruteng. Kunjungan ini bertujuan untuk membangun kedekatan antara aparat kepolisian dan masyarakat sambil menyampaikan beberapa informasi penting.

Maraknya Kasus TPPO di NTT

Dalam pertemuan tersebut, Bhabinkamtibmas menyampaikan keprihatinan atas maraknya kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia meminta partisipasi serta kerjasama aktif dari masyarakat untuk bersama-sama memerangi TPPO.

Bhabinkamtibmas mengingatkan warga bahwa jika mereka mengetahui atau mendengar informasi tentang perekrutan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) oleh penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) yang berencana berangkat ke luar negeri, segera melaporkannya kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat. Tindakan ini penting untuk menghindari potensi eksploitasi dan penyalahgunaan terhadap TKI.

Lindungi Lingkungan, Lindungi Hewan

Selain masalah TPPO, Bhabinkamtibmas juga mengajak warga untuk turut menjaga lingkungan. Ia mengingatkan agar tidak melakukan pembakaran hutan sembarangan yang dapat merusak ekosistem alam dan mengakibatkan bencana lingkungan.

Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan kepada pemilik hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan hewan peliharaan lainnya. Ia mengingatkan agar hewan-hewan tersebut diikat atau dikandangkan dengan baik untuk menghindari potensi penularan penyakit seperti rabies.

Belum Ada Korban TPPO di Wilayah Tersebut

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat, hingga saat ini belum ada laporan mengenai keluarga mereka yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Meskipun demikian, upaya pencegahan dan pemantauan tetap dilakukan untuk menjaga keamanan warga dan mencegah terjadinya kasus TPPO di wilayah tersebut.

Dengan adanya kunjungan dan himbauan dari Bhabinkamtibmas, diharapkan masyarakat Anam Desa Bulan, Kecamatan Ruteng, dan wilayah sekitarnya dapat lebih waspada dan proaktif dalam menjaga keamanan diri dan lingkungan, serta berperan aktif dalam memerangi TPPO yang meresahkan.(MBA)