Bhabinkamtibmas Satar Mese, Bripka Theodorus Angkat dan Bripka Almodat Ano, Gelar Patroli dan Sambang di Desa Golomuntas dan Desa Mocok

Bhabinkamtibmas Satar Mese, Bripka Theodorus Angkat dan Bripka Almodat Ano, Gelar Patroli dan Sambang di Desa Golomuntas dan Desa Mocok

Tribratanewsmanggarai.com-

Kecamatan Satar Mese - Pada hari ini, Kamis, 6 Juni 2024, pukul 11.00 WITA, Bhabinkamtibmas Kecamatan Satar Mese, Bripka Theodorus Angkat bersama Bripka Almodat Ano, melaksanakan patroli dan sambang di dua desa, yakni Desa Golomuntas dan Desa Mocok.

Patroli ini dilaksanakan dalam kondisi cuaca hujan deras yang terus menerus turun, disertai kabut tebal, yang menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu. Warga memilih untuk tetap berada di dalam rumah masing-masing, sehingga jalan-jalan tampak sepi.

Selama patroli, petugas Bhabinkamtibmas mengunjungi beberapa rumah warga, salah satunya rumah Bapak Heni Harum. Dalam kunjungannya, Bripka Theodorus dan Bripka Almodat menyampaikan himbauan kepada warga untuk selalu waspada terhadap potensi bencana akibat cuaca hujan yang ekstrem. Mengingat letak rumah yang berada di ketinggian dan kondisi tanah yang labil, warga diminta untuk lebih waspada terhadap kemungkinan terjadinya longsor.

Selain itu, petugas juga mengajak masyarakat untuk mendukung kegiatan dan program-program pemerintah desa. "Program-program desa harus disambut dengan senang hati. Jika ada masalah atau kendala dalam pelaksanaan program, komunikasikan dengan baik melalui musyawarah untuk mencapai mufakat," kata Bripka Theodorus.

Dalam kesempatan tersebut, petugas juga melakukan sosialisasi dan edukasi terkait pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan penggalangan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Berikut poin-poin penting yang disampaikan:

  1. Petugas Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk bersama-sama melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan TPPO serta memantau warga desa yang hendak pergi mencari pekerjaan ke luar negeri. "Jangan tergiur dengan iming-iming gaji besar untuk bekerja di luar negeri secara ilegal. Laporkan kepada petugas jika ada pihak atau orang yang mencari pekerja untuk dipekerjakan ke luar negeri secara ilegal," ujar Bripka Almodat.
  2. Petugas juga mengajak warga untuk melaporkan jika ada pihak yang menawarkan pekerjaan ke luar negeri secara ilegal dan memastikan bahwa setiap warga yang ingin bekerja di luar negeri mengikuti prosedur resmi yang telah diatur oleh pemerintah.

Kegiatan patroli dan sambang ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi bencana dan tindak kejahatan, serta mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di Kecamatan Satar Mese.(MBA)