Bhabinkamtibmas Langke Rembong Hadiri Sosialisasi Pencegahan Rabies di Kelurahan Carep

Bhabinkamtibmas Langke Rembong Hadiri Sosialisasi Pencegahan Rabies di Kelurahan Carep

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong – Pada Jumat, 20 September 2024, BRIPKA M. Alif Jafrin, selaku Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, menghadiri kegiatan sosialisasi pencegahan rabies di kantor Lurah Carep, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan Hewan Penular Rabies (HPR) di wilayah tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan sebagai respons terhadap meningkatnya kecemasan warga masyarakat dan pihak peternakan terkait angka populasi rabies yang terus meningkat di Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kabupaten Manggarai. Dinas Peternakan melaporkan bahwa peningkatan penyebaran rabies ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran para pemilik HPR, terutama anjing, yang tidak mengikuti arahan dari pemerintah terkait pencegahan penularan rabies.

Data dari Dinas Peternakan menunjukkan bahwa Kelurahan Karot, Satar Tacik, dan Carep memiliki populasi anjing tertinggi di Kecamatan Langke Rembong, sehingga ketiga wilayah ini menjadi prioritas dalam upaya pencegahan rabies.

Sosialisasi ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Peternakan, Lurah Carep, serta Ketua RT dan RW Kelurahan Carep. Dalam kegiatan tersebut, BRIPKA M. Alif Jafrin memberikan himbauan kepada para Ketua RT dan RW agar lebih aktif dalam menyosialisasikan bahaya rabies kepada warga.

BRIPKA Jafrin juga menghimbau agar warga segera mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Hal ini penting guna mencegah penularan rabies yang tidak hanya membahayakan kesehatan masyarakat, tetapi juga dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan rabies, serta menjaga agar situasi Kamtibmas di Kecamatan Langke Rembong tetap kondusif.(MBA)