Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara Gelar Sosialisasi Pencegahan TPPO, HPR, dan Himbauan Pilkada damai

Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara Gelar Sosialisasi Pencegahan TPPO, HPR, dan Himbauan Pilkada damai

Tribratanewsmanggarai-com-

Rahong Utara, 29 Agustus 2024 - Aipda Kornelius Jemarus, Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan sambang sekaligus memberikan himbauan Kamtibmas di Kantor Desa Dimpong, Kamis (29/08/2024). Kegiatan yang dimulai pukul 11.00 WITA ini berlangsung hingga selesai dan dihadiri oleh Staf Desa Dimpong, termasuk Bapak Romanus dan beberapa staf lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Kornelius berkoordinasi dengan jajaran pemerintahan desa untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), serta langkah-langkah menghindari kenakalan remaja.

Sosialisasi Pencegahan TPPO

Aipda Kornelius mengajak seluruh jajaran Pemerintah Desa Dimpong untuk menghimbau masyarakat agar tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Dia menegaskan pentingnya mengikuti prosedur resmi dari pemerintah melalui PJTKI bagi warga yang ingin bekerja di luar negeri. Selain itu, warga diharapkan segera melapor kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika ada upaya perekrutan yang mencurigakan untuk mencegah terjadinya TPPO.

Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Aipda Kornelius juga memberikan edukasi mengenai pentingnya mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar tidak menggigit manusia. Langkah ini diambil untuk mencegah penyebaran Rabies, penyakit yang dikenal dengan istilah "anjing gila," yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Himbauan Pilkada Damai

Selain itu, Aipda Kornelius mengajak seluruh staf desa untuk terus berkoordinasi dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas), khususnya dalam menghadapi tahapan Pilkada 2024. Dia mengimbau agar masyarakat menghindari tindakan main hakim sendiri dan selalu melaporkan setiap gangguan Kamtibmas kepada pihak berwenang.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dan hingga saat ini dilaporkan bahwa belum ada warga atau keluarga di Desa Dimpong yang menjadi korban TPPO. Aipda Kornelius berharap edukasi dan himbauan yang diberikan dapat mencegah terjadinya kejahatan serta menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah Kecamatan Rahong Utara.(MBA)