Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong Sosialisasikan Pencegahan TPPO, Rabies, dan Bencana Alam

Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong Sosialisasikan Pencegahan TPPO, Rabies, dan Bencana Alam

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 16 Desember 2023 – AIPDA Flavianus Jedaut, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, turut serta dalam kegiatan sosialisasi di Kampung Wae Buka, 003 RT, Kel. Satar Tacik. Kegiatan ini dihadiri oleh Babinsa Kel.Tenda, Babinsa Kel.Satar Tacik, Lurah Tenda, dan Lurah Satar Tacik pada hari Sabtu pukul 19.30 WITA.

Dalam kesempatan tersebut, AIPDA Flavianus Jedaut menyampaikan beberapa himbauan dan pesan kamtibmas kepada warga sekitar. Berikut adalah poin-poin yang disampaikan:

1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau masyarakat agar tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Masyarakat diminta untuk mengikuti jalur resmi dari pemerintah melalui PJTKI untuk menghindari TPPO. Selain itu, AIPDA Flavianus Jedaut juga mengingatkan agar warga yang direkrut untuk bekerja di luar daerah segera menginformasikannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat guna mencegah terjadinya TPPO.

2. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, dihimbau untuk menjaga agar hewan-hewan tersebut dikandangkan atau diikat untuk mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan rabies. Langkah ini diambil sebagai langkah preventif guna melindungi masyarakat dari penyakit rabies yang dapat disebabkan oleh gigitan hewan peliharaan.

3. Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Petugas Bhabinkamtibmas memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan, seperti tidak membuang sampah di kali, selokan, dan saluran air lainnya. Masyarakat juga diingatkan untuk memperhatikan tingkat kemiringan dan kelabilan tanah saat membangun rumah agar terhindar dari bencana tanah longsor. Selain itu, warga diajak bersama-sama menjaga dan melestarikan alam, termasuk dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor.

4. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai: Dalam upaya menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu, AIPDA Flavianus Jedaut mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu situasi kamtibmas. Masyarakat diingatkan bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal biasa dalam demokrasi, dilindungi oleh undang-undang, dan tidak seharusnya menjadi dasar untuk saling memusuhi. Petugas Bhabinkamtibmas juga mendorong masyarakat untuk melaporkan gangguan kamtibmas kepada pihak berwajib jika diperlukan.

Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada terhadap potensi masalah kamtibmas dan bersama-sama berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.(MBA)