Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong Sambangi Warga, Sosialisasikan Waspada TPPO

Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong Sambangi Warga, Sosialisasikan Waspada TPPO

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, Sabtu, 23 September 2023 - Aipda Flavianus Jedaut, Bhabinkamtibmas di Kecamatan Langke Rembong, melaksanakan kegiatan sambang ke rumah Bapak Vinsen Genggo yang berlokasi di RT 013, Kelurahan Poco Mall, Kecamatan Langke Rembong, untuk menjalin hubungan yang lebih baik antara kepolisian dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Flavianus Jedaut menyampaikan beberapa pesan Kamtibmas yang penting kepada warga setempat:

1. Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Petugas memberikan himbauan dan menjalin kerjasama dengan warga setempat terkait Atensi Khusus Kapolda NTT dalam rangka pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). TPPO merupakan kejahatan yang marak terjadi di wilayah NTT, dan warga dihimbau untuk segera melaporkan atau menginformasikan kepada pihak berwajib atau kepada petugas Bhabinkamtibmas jika menemui Penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) yang menjanjikan pekerjaan ke luar negeri atau Tenaga Kerja Ilegal (TKI) yang hendak bekerja di luar negeri.

2. Sosialisasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Dalam kesempatan tersebut, petugas Bhabinkamtibmas juga mengingatkan warga yang memelihara Hewan Penyebar Rabies (HPR) seperti monyet, anjing, dan kucing untuk selalu mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan mereka. Selain itu, mereka diingatkan untuk memberikan vaksin (VAR) secara berkala kepada hewan peliharaan mereka agar tidak menimbulkan masalah atau korban baik bagi diri mereka sendiri maupun orang lain.

3. Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

Mengingat saat ini wilayah Langke Rembong menghadapi musim kemarau dan beberapa bulan lagi akan memasuki musim tanam, petugas Bhabinkamtibmas menghimbau warga agar tidak menggunakan sistem pembakaran dalam mengolah lahan pertanian. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan yang dapat mengancam keselamatan dan lingkungan sekitar.

Kegiatan sambang ini merupakan bentuk komitmen dari Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan wilayah serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat setempat. Diharapkan, informasi dan sosialisasi yang disampaikan oleh Aipda Flavianus Jedaut dapat memberikan manfaat bagi warga Langke Rembong dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan bersama.(MBA)