Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal Barat Himbau Warga Waspada Terhadap TPPO dan Ancaman Lainnya

Bhabinkamtibmas Kecamatan Cibal Barat Himbau Warga Waspada Terhadap TPPO dan Ancaman Lainnya

Tribratanewsmanggarai.com-

Jumat, 01 September 2023

Manggarai - Brigadir Polisi Agustinus Yatarten, seorang Bhabinkamtibmas yang bertugas di Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, mengingatkan warga setempat untuk tetap waspada terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) serta ancaman lainnya seperti gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), kebakaran hutan, dan kenakalan remaja. Melalui giat patroli dialogis, Brigpol Agustinus Yatarten berupaya menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat.

Dalam patroli dialogis yang dilaksanakan pada Jumat, 01 September 2023, sekitar pukul 09.00 WITA, di kampung Munta, Desa Bangka Ara, Brigpol Agustinus Yatarten melakukan beberapa kegiatan penting:

  1. Sosialisasi Pencegahan TPPO: Dalam kunjungannya, Brigpol Agustinus menghimbau kepada warga agar berhati-hati terhadap penawaran kerja ilegal di luar daerah atau negeri. Warga yang mendapatkan tawaran serupa diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas Bhabinkamtibmas, Kantor Desa, atau kantor polisi terdekat.
  2. Sosialisasi Bahaya Gigitan HPR: Warga diminta untuk mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing guna mencegah gigitan yang dapat menularkan penyakit Rabies. Brigpol Agustinus juga mengajak warga untuk membantu sosialisasi ini kepada masyarakat lain yang memiliki hewan peliharaan serupa.
  3. Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Mengingat masa kemarau, Brigpol Agustinus mengingatkan warga untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar, mengingat tindakan tersebut dapat memicu kebakaran hutan dan lahan yang merugikan banyak pihak.
  4. Sosialisasi Kenakalan Remaja: Dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman dan tertib, Brigpol Agustinus juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengingatkan dan mendidik remaja agar tidak terlibat dalam keributan, konsumsi miras, atau penyalahgunaan narkoba.

Brigadir Polisi Agustinus Yatarten menjelaskan bahwa patroli dialogis ini merupakan bagian dari upaya Polres Manggarai, khususnya satuan Binmas, dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya. Dengan mengedepankan kerjasama dan komunikasi yang baik antara aparat kepolisian dan masyarakat, diharapkan berbagai potensi tindak pidana dapat dicegah sejak dini.

Warga diimbau untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang telah disampaikan oleh Brigpol Agustinus guna menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan terhindar dari berbagai ancaman. Polres Manggarai akan terus berupaya melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan demi terciptanya situasi yang kondusif di wilayah ini.(MBA)