Bhabinkamtibmas Kec. Ruteng, BRIPKA FRANSISKUS X.N. JANGGUR, Melakukan Patroli dan Sosialisasi Penting pada Warga Pong La’o.

Bhabinkamtibmas Kec. Ruteng, BRIPKA FRANSISKUS X.N. JANGGUR, Melakukan Patroli dan Sosialisasi Penting pada Warga Pong La’o.

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 05 Oktober 2023 - Hari ini, Kamis, 05 Oktober 2023, Bhabinkamtibmas (Bhabinsa Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Kecamatan Ruteng, BRIPKA FRANSISKUS X.N. JANGGUR, aktif melaksanakan patroli rutin sekaligus menyambangi warga yang berkumpul di Wilayah Dusun Pong La'o, Kecamatan Ruteng. Dalam kesempatan tersebut, BRIPKA FRANSISKUS X.N. JANGGUR menyampaikan beberapa hal yang penting kepada warga setempat.

  1. Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas memberikan himbauan dan menjalin kerjasama dengan warga setempat terkait Atensi Khusus Kapolda NTT dalam rangka pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang begitu marak terjadi di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Masyarakat juga dihimbau untuk segera melaporkan atau memberikan informasi kepada pihak berwajib atau kepada petugas Bhabinkamtibmas jika menemukan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) yang menawarkan pekerjaan di luar negeri dan Tenaga Kerja Ilegal (TKI) yang hendak bekerja di luar negeri.
  2. Sosialisasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Dalam kesempatan ini, Petugas Bhabinkamtibmas mengingatkan warga yang memelihara Hewan Penyebar Rabies (HPR) seperti Monyet, Anjing, dan Kucing untuk selalu mengikat atau menjaga agar tidak berkeliaran. Selain itu, pemilik hewan juga diingatkan untuk memberikan vaksin (VAR) secara berkala kepada hewan peliharaan mereka. Hal ini bertujuan untuk mencegah potensi masalah atau korban akibat gigitan HPR yang dapat menularkan penyakit rabies baik kepada diri sendiri maupun orang lain.
  3. Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Mengingat saat ini musim kemarau dan beberapa bulan lagi memasuki musim tanam, petugas Bhabinkamtibmas mengingatkan warga agar berhati-hati dalam mengolah lahan pertanian. Masyarakat diminta untuk tidak menggunakan sistem pembakaran yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan. Langkah ini penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan dan sumber daya alam.

BRIPKA FRANSISKUS X.N. JANGGUR berharap agar sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif warga dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan lingkungan hidup di wilayah mereka. Upaya seperti ini merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab Bhabinkamtibmas dalam memberikan perlindungan serta memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat setempat.(MBA)