Bhabinkamtibmas Briptu Richardus Sadji Mandiri Lakukan Silaturahmi dan Sosialisasi Kamtibmas di Hilihintir

Bhabinkamtibmas Briptu Richardus Sadji Mandiri Lakukan Silaturahmi dan Sosialisasi Kamtibmas di Hilihintir

Tribratanewsmanggarai.com-

Selasa, 21 November 2023 - Bhabinkamtibmas Kecamatan Satarmese Barat, Briptu Richardus Sadji Mandiri, melaksanakan kegiatan silaturahmi dan sosialisasi kamtibmas di kantor desa Hilihintir, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai.

Dalam kegiatan tersebut, Briptu Richardus Sadji Mandiri menjalankan sambang ke kantor desa dan bertemu dengan Kepala Desa Hilihintir, Ardianus Sehanu, beserta perangkat desa lainnya. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk menjalin silaturahmi sekaligus memberikan himbauan kamtibmas kepada warga desa agar turut serta dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

Bhabinkamtibmas memberikan himbauan mengenai pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Warga diminta agar tidak mudah percaya dan tergiur apabila ada yang mengajak mereka untuk bekerja di luar negeri dengan iming-iming gaji besar. Briptu Richardus juga mengimbau agar informasi segera disampaikan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan mengenai bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR). Warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing diminta untuk menjaga keamanan dengan mengikat atau memasukkan hewan tersebut ke dalam kandang.

Dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan, Bhabinkamtibmas mengingatkan warga untuk berhati-hati saat membuka lahan pertanian. Terutama dalam membersihkan kebun, agar tidak membakar lahan karena dapat menyebabkan kebakaran hutan yang berdampak pada kerusakan ekosistem.

Sosialisasi juga dilakukan terkait pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Warga diminta untuk memastikan keamanan Satu Pintu Masuk (SPM) di rumah dan tidak membeli SPM yang tidak memiliki dokumen lengkap, mengingat peningkatan kasus curanmor.

Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan kepada kepala desa agar orang tua di wilayahnya terus berperan aktif dalam mengawasi anak-anak agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Bagi remaja, mereka diingatkan untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Tidak hanya itu, Briptu Richardus juga memberikan edukasi kamtibmas dari Kapolda NTT tentang "Pemilu Damai, Tertib, dan Lancar untuk Indonesia Maju dan Sejahtera." Warga di Kecamatan Satarmese Barat dihimbau untuk mendukung tugas Polri dalam mewujudkan pemilu yang damai. Pesan kamtibmas disampaikan agar warga menghindari kampanye hitam, politik uang, dan menjauh dari ajakan atau hasutan Provokatif dalam Pemilu 2024.(MBA)