Bhabinkamtibmas bersama Babinsa salurkan Bantuan Sosial Presiden RI di Kelurahan Tenda dan Poco Mall

Bhabinkamtibmas bersama Babinsa salurkan Bantuan Sosial Presiden RI di Kelurahan Tenda dan Poco Mall

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 22 November 2023 - Aipda FLAVIANUS JEDAUT, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, bersama dengan Babinsa Poco Mall Koptu ABILIO RIBEIRO, serta Lurah Tenda dan Poco Mall, turut serta dalam kegiatan distribusi bantuan sosial paket sembako dari Presiden Republik Indonesia kepada warga kurang mampu di wilayah kelurahan Tenda dan Poco Mall. Sebanyak 20 paket sembako disalurkan pada hari Rabu, 22 November 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabin juga menyampaikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat sekitar, antara lain:

Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Bhabin mengingatkan agar jika ada keinginan bekerja di luar negeri, sebaiknya mengikuti jalur resmi dari pemerintah melalui PJTKI. Masyarakat juga diimbau untuk segera melaporkan jika ada rekrutmen pekerjaan di luar daerah/negeri agar dapat dicegah terjadinya TPPO.

Edukasi Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Bhabin mengajak pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing untuk menjaganya dengan cara dikandangkan atau diikat guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan penyakit rabies.

Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Petugas Bhabin mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Juga diimbau untuk melaporkan segera kepada petugas Bhabin jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Bhabin menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem seperti hujan dan angin kencang. Selain itu, diingatkan agar tidak membangun rumah di daerah rawan longsor. Upaya menjaga dan melestarikan alam juga termasuk dalam himbauan Bhabin, seperti tidak menebang pohon di daerah rawan longsor dan menghindari penggalian pasir dan batu di daerah yang berdekatan dengan rumah atau jalan raya.

Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai: Bhabin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu. Bhabin memberikan edukasi bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang wajar dan dilindungi oleh undang-undang. Diimbau agar tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu situasi kamtibmas. Bhabin juga menghimbau agar perbedaan pilihan politik tidak dijadikan dasar untuk saling memusuhi, serta mendukung asas kebebasan memilih calon dalam pemilihan umum.(MBA)