Bhabinkamtibmas Aipda Timoteus Lako Agho Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan HPR

Bhabinkamtibmas Aipda Timoteus Lako Agho Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan HPR

Tribratanewsmanggarai.com-

Kamis, 27 Oktober 2023 - Bhabinkamtibmas (Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas) adalah salah satu garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Salah satunya adalah Aipda Timoteus Lako Agho, Bhabinkamtibmas Kecamatan Satarmese Utara, yang pada hari ini, Jumat, 27 Oktober 2023, pukul 11.00, melakukan patroli dan kunjungan door to door ke rumah warga di Kampung Perang, Desa Cireng, Kecamatan Satarmese Utara.

Dalam kunjungannya, Aipda Timoteus L.Agho melaksanakan sejumlah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan himbauan dan sosialisasi kepada warga seputar beberapa isu penting, di antaranya:

1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Aipda Timoteus L.Agho menyambangi rumah-rumah warga yang berada di kebun dan memberikan himbauan tentang bahaya TPPO. Warga diingatkan agar tidak terpengaruh oleh ajakan oknum pencari tenaga kerja untuk bekerja di luar negeri dengan iming-iming upah besar. Warga juga diimbau untuk segera memberitahu Bhabinkamtibmas atau aparat desa setempat jika mengetahui adanya rekrutmen tenaga kerja ke luar negeri yang mencurigakan.

2. Sosialisasi Tentang Hewan Penular Rabies (HPR): Aipda Timoteus L.Agho juga memberikan himbauan kepada warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Warga diingatkan untuk mengikat atau mengkandangkan hewan peliharaan mereka. Selain itu, mereka juga dihimbau untuk segera melaporkan ke petugas kesehatan hewan untuk mendapatkan vaksin pencegahan penularan penyakit rabies.

3. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Bhabinkamtibmas mengingatkan warga agar berhati-hati saat melakukan pembukaan lahan perkebunan. Pembukaan lahan dengan cara membakar dapat berpotensi memicu kebakaran hutan dan lahan yang merugikan lingkungan dan masyarakat.

Dalam seluruh sosialisasinya, Aipda Timoteus L.Agho mengajak warga untuk tetap menjaga situasi kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) agar tetap kondusif. Upaya seperti ini merupakan bagian dari tugas Bhabinkamtibmas dalam mendekatkan diri dengan masyarakat dan memberikan informasi yang relevan demi keselamatan dan keamanan bersama.(MBA)