Bhabinkamtibmas Aipda Timoteus L. Agho Gelar Sosialisasi Pencegahan TPPO, Karhutla, HPR, dan Kenakalan Remaja di Desa Ruang

Bhabinkamtibmas Aipda Timoteus L. Agho Gelar Sosialisasi Pencegahan TPPO, Karhutla, HPR, dan Kenakalan Remaja di Desa Ruang

Tribratanewsmanggarai.com-

Satar Mese Utara, Senin, 10 Juni 2024 – Pada pukul 09.30 WITA, Aipda Timoteus L. Agho, petugas Bhabinkamtibmas Kecamatan Satarmese Utara, melaksanakan kegiatan patroli dan sambang di Desa Ruang. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya satuan Binmas Polres Manggarai dalam mencegah tindak pidana perdagangan orang (TPPO), kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), hewan penular rabies (HPR), serta kenakalan remaja.

Selama kegiatan tersebut, Aipda Timoteus menyampaikan beberapa sosialisasi penting kepada staf Desa Ruang, di antaranya:

  1. Sosialisasi tentang TPPO Aipda Timoteus menghimbau staf desa untuk terus memberikan edukasi kepada warga agar tidak terpengaruh oleh ajakan oknum atau jasa tenaga kerja ilegal yang menawarkan pekerjaan di luar negeri dengan iming-iming gaji besar. Edukasi ini penting untuk mencegah warga menjadi korban perdagangan orang.
  2. Sosialisasi tentang HPR Dalam upaya mencegah penularan rabies, Aipda Timoteus mengajak warga desa untuk mengikat atau mengandangkan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Ia juga menekankan pentingnya melaporkan kepada petugas kesehatan hewan untuk pemberian vaksin pencegah rabies.
  3. Peningkatan Kamtibmas Aipda Timoteus mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan mereka agar tetap kondusif.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam mencegah berbagai tindak kejahatan serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Manggarai.(MBA)