Bhabinkamtibmas Aipda Kornelius Jemarus Sambangi warga binaan di Kampung Rongkam, Desa Bangka Ruang

Bhabinkamtibmas Aipda Kornelius Jemarus Sambangi warga binaan di Kampung Rongkam, Desa Bangka Ruang

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong, 27 November 2023 - Pada hari Senin, 27 November, Bhabinkamtibmas Aipda Kornelius Jemarus dari Kecamatan Rahong Utara melaksanakan kegiatan kunjungan di Kampung Rongkam, Desa Bangka Ruang, dimulai dari pukul 10.00 hingga selesai. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan Terorisme, Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba, Pemberantasan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak (TPPO), Karhutlah/Bencana Alam, Pencegahan Rabies, Penanggulangan Kenakalan Remaja, serta Himbauan Pemilu Damai.

Selama kunjungan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus bertemu dengan Bapak Marsel dan keluarga. Bapak Marsel memberikan informasi bahwa sampai saat ini tidak ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus memberikan edukasi, sosialisasi, dan himbauan kepada masyarakat seputar beberapa hal, antara lain:

a) Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabin mengajak dan menghimbau agar masyarakat tidak tergiur untuk bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Aipda Kornelius Jemarus menekankan agar jika ada warga yang ingin bekerja di luar negeri, mereka seharusnya mengikuti jalur resmi yang ditetapkan oleh pemerintah.

b) Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Petugas Bhabin memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pemilik hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka guna mencegah gigitan yang dapat menularkan penyakit rabies.

c) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Aipda Kornelius Jemarus menghimbau agar masyarakat tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Juga, mengajak untuk melaporkan ke petugas Bhabin apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

d) Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Petugas Bhabin mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem, seperti hujan dan angin kencang. Juga, menghimbau agar tidak membangun rumah di daerah rawan longsor, serta menjaga dan melestarikan alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor.

e) Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai: Aipda Kornelius Jemarus mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu, menghindari provokasi, dan melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabin atau kantor Polisi terdekat.

Petugas Bhabin juga memberikan edukasi bahwa perbedaan pilihan politik adalah hal yang biasa dalam demokrasi dan diharapkan tidak terjadi intimidasi serta paksaan kepada pihak lain dalam proses pemilihan.

Semua himbauan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka serta mencegah potensi bahaya yang dapat terjadi.(MBA)