Bhabinkamtibmas AIPDA Kornelius Jemarus Himbau Masyarakat Buar Terkait Pencegahan Kejahatan dan Bencana Alam

Bhabinkamtibmas AIPDA Kornelius Jemarus Himbau Masyarakat Buar Terkait Pencegahan Kejahatan dan Bencana Alam

Tribratanewsmanggarai.com-

Kampung Purang, Desa Buar - Pada hari Selasa, tanggal 19 Maret 2024, Aipda Kornelius Jemarus, seorang Bhabinkamtibmas di Kecamatan Rahong Utara, melakukan kegiatan patroli yang bertujuan untuk mengkoordinasikan upaya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), penanganan Hewan Penular Rabies (HPR), kenakalan remaja, serta mitigasi bencana alam.

Dalam patroli yang dimulai sejak pukul 09.00 waktu setempat hingga selesai, Aipda Kornelius Jemarus berfokus pada penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat Desa Buar, yang terletak di Jalan Purang-Ruteng.

Selama kegiatan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus berkesempatan untuk bertemu dengan Sekretaris Desa Buar, Bapak Yones, serta sejumlah anggota masyarakat yang sedang aktif dalam kegiatan kerja bakti. Dalam interaksi tersebut, masyarakat menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO di desa mereka.

Dalam upaya pencegahan TPPO, Aipda Kornelius Jemarus menyampaikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya terjerumus ke dalam perdagangan orang ilegal di luar negeri. Ia menekankan pentingnya untuk mengikuti jalur resmi yang disediakan pemerintah melalui Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI), serta mengimbau agar informasi mengenai rekrutmen pekerjaan di luar daerah atau negara segera dilaporkan kepada pihak berwenang guna mencegah praktik TPPO.

Selanjutnya, Aipda Kornelius Jemarus juga memberikan sosialisasi tentang bahaya gigitan hewan penular rabies kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Ia mengingatkan agar hewan peliharaan tersebut dikandangkan atau diikat untuk menghindari insiden gigitan yang dapat menyebabkan penularan penyakit rabies.

Tak hanya itu, Bhabin Kornelius Jemarus juga menekankan pentingnya koordinasi dalam penanganan bencana alam kepada masyarakat Desa Buar. Ia mengingatkan agar masyarakat segera melapor kepada pihak berwenang, termasuk kepada dirinya, jika terjadi musibah bencana alam di wilayah mereka, serta untuk selalu mengutamakan keselamatan diri dan masyarakat dalam situasi darurat semacam itu.

Terakhir, Aipda Kornelius Jemarus juga menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan tindakan main hakim sendiri dalam penanganan gangguan kamtibmas, serta untuk selalu melaporkan setiap insiden yang terjadi kepada pihak berwenang.

Kegiatan patroli tersebut berjalan dengan aman dan lancar, dengan harapan bahwa upaya pencegahan yang dilakukan oleh Bhabin Kornelius Jemarus dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sejahtera bagi masyarakat Desa Buar.(MBA)