Antisipasi TPPO, HPR, Curanmor, dan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Hilihintir dan Desa Cambir Leca

Antisipasi TPPO, HPR, Curanmor, dan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Desa Hilihintir dan Desa Cambir Leca

Tribratanewsmanggarai.com-

Satarmese Barat, 17 Nopember 2023 - Pada hari Jumat tanggal 17 Nopember tahun 2023, petugas Bhabinkamtibmas Satarmese Barat, Bripka ARSEL LIUNIMA, bersama Kapospol Satarmese Barat Bripka DANCE LEDJAB, dan Bhabinkamtibmas Briptu RICAR MANDIRI, melakukan kegiatan sosialisasi dan pencegahan di wilayah Desa Hilihintir dan Desa Cambir Leca, Kecamatan Satarmese Barat.

Dalam kegiatan ini, petugas menyampaikan beberapa himbauan kepada warga desa dengan fokus pada langkah-langkah pencegahan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), penyebaran Hewan Penyebar Rabies (HPR), curanmor, dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Berikut adalah rangkuman himbauan yang disampaikan kepada warga:

a) Pencegahan TPPO Petugas mengingatkan warga Desa Cambir Leca dan Desa Hilihintir agar segera menginformasikan jika ada warga yang ingin direkrut untuk bekerja di luar daerah atau negeri. Informasi dapat disampaikan kepada Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

b) Pencegahan Hewan Penyebar Rabies (HPR) Warga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing diminta untuk menjaga keamanan dengan mengikat atau mengandangkan hewan peliharaannya. Petugas memberikan sosialisasi tentang bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR).

c) Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Dalam musim kemarau, petugas mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam membersihkan lahan pertanian. Pembakaran lahan dapat menyebabkan kebakaran hutan yang dapat merusak ekosistem. Warga diminta untuk tidak membakar lahan dan kebun secara sembarangan.

d) Pencegahan Curanmor Warga diingatkan untuk memastikan keamanan Satu Pintu Masuk (SPM) di rumah dengan posisi yang aman atau terkunci setir. Masyarakat juga diminta untuk tidak membeli kendaraan bermotor yang tidak memiliki dokumen lengkap guna mencegah kasus curanmor.

e) Edukasi Kamtibmas dan Pemilu Damai Petugas memberikan edukasi Kamtibmas dari Kapolda NTT tentang "PEMILU DAMAI, TERTIB, DAN LANCAR UNTUK INDONESIA MAJU DAN SEJAHTERA." Masyarakat diminta untuk menghindari kampanye hitam, politik uang, dan tindakan anarkis jika kubu politiknya kalah dalam Pemilu 2024.

f) Bantuan Sembako Sebagai bentuk kepedulian, Kapolres Manggarai melalui Bhabinkamtibmas Bripka ARSEL LIUNIMA, menyalurkan bantuan sembako dari Presiden Republik Indonesia kepada 25 keluarga kurang mampu di Desa Hilihintir dan Desa Cambir Leca secara door to door.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pencegahan TPPO, HPR, curanmor, kebakaran hutan dan lahan, serta menciptakan Pemilu yang aman, damai dan Sejuk.(MBA)