Bhabinkamtibmas Hadiri Acara Syukuran di Kantor PT. Surya Madistrindo Cabang Pos Ruteng, Sampaikan Himbauan Kamtibmas.

Bhabinkamtibmas Hadiri Acara Syukuran di Kantor PT. Surya Madistrindo Cabang Pos Ruteng, Sampaikan Himbauan Kamtibmas.

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 18 November 2023 - Pada hari Sabtu, 18 November 2023, pukul 09.00 WITA, Petugas Bhabinkamtibmas turut hadir dalam acara dan misa syukuran yang diselenggarakan di Kantor PT. Surya Madistrindo (Gudang Garam) Cabang Pos Ruteng, yang berlokasi di Jalan Hatta RT 016/RW 004.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Pos Supervisor Seles Cabang Ruteng, Bapak Herman Suprapto, serta sejumlah tokoh masyarakat, termasuk pihak kelurahan, wali, tokoh masyarakat Kampung Ka Sama, para ketua RT/RW, dan tokoh adat dari Gendang Kampung Ka Sama.

Dalam kesempatan tersebut, Petugas Bhabinkamtibmas menyampaikan edukasi, sosialisasi, serta memberikan himbauan dan pesan-pesan kamtibmas kepada para peserta acara. Berikut adalah beberapa poin yang disampaikan oleh Petugas Bhabinkamtibmas:

1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas mengajak dan menghimbau masyarakat untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji yang besar. Masyarakat diingatkan untuk mengikuti jalur resmi dari pemerintah melalui PJTKI agar terhindar dari risiko TPPO. Jika ada warga yang direkrut untuk bekerja di luar daerah/negeri, diimbau untuk segera menginformasikan ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

2. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Warga yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, diingatkan untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan rabies.

3. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar, guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Jika terjadi kebakaran, dihimbau untuk segera melaporkan kepada petugas Bhabinkamtibmas.

4. Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Warga diajak untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk seperti hujan dan angin kencang. Petugas Bhabinkamtibmas juga mengingatkan agar tidak membangun rumah di dekat daerah yang rawan longsor dan untuk menjaga alam dengan tidak menebang pohon di daerah rawan longsor serta menghindari penggalian pasir dan batu di dekat rumah/jalan raya.

5. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai: Masyarakat diajak untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu. Petugas Bhabinkamtibmas memberikan edukasi tentang kebebasan memilih calon dan menghimbau agar perbedaan pilihan politik tidak dijadikan dasar untuk saling memusuhi. Juga diingatkan agar melaporkan gangguan kamtibmas kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

Acara ini diakhiri dengan harapan bersama untuk menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan kondusif. Petugas Bhabinkamtibmas berkomitmen untuk terus mendukung dan menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat demi terwujudnya keamanan dan ketertiban bersama.(MBA)