Tatap Muka Kasat Bimas Polres Manggarai Bersama RT/RW Karot Bahas Situasi Kamtibmas

Tatap Muka Kasat Bimas Polres Manggarai Bersama RT/RW Karot Bahas Situasi Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, 15 September 2023 - Pada hari Kamis, tanggal 14 September 2023, sekitar pukul 10.00 WITA, Kantor Lurah Karot menjadi saksi dari sebuah pertemuan yang sangat penting. Kasat Bimas Polres Manggarai, AKP Putu Saba Nugraha, beserta anggota Satuan Bimas, melaksanakan kegiatan tatap muka dengan para Ketua RT/RW sekelurahan Karot. Kegiatan ini bertujuan untuk berdiskusi tentang situasi kamtibmas yang tengah terjadi di wilayah tersebut.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan penuh keharmonisan ini, Kasat Bimas Polres Manggarai memberikan beberapa himbauan penting kepada seluruh Ketua RT/RW sekelurahan Karot:

  1. Kerjasama dengan Petugas Babinkamtibmas: Kasat Bimas menekankan pentingnya kerjasama antara RT/RW dengan petugas Babinkamtibmas, Lurah, dan Babinsa. Kerjasama ini diharapkan dapat menjaga situasi kamtibmas di wilayah Karot agar tetap kondusif.
  2. Pendekatan Kekeluargaan: Dalam menangani persoalan atau masalah, diharapkan agar selalu menggunakan pendekatan kekeluargaan. Ini akan membantu menjaga hubungan yang harmonis di antara warga sekelurahan Karot.
  3. Peran Serta Masyarakat: Kasat Bimas Polres Manggarai mengingatkan bahwa peran serta masyarakat sangat penting dalam menjaga situasi kamtibmas. Kepala warga diminta untuk mengaktifkan kembali pos kambling sebagai langkah pencegahan terhadap gangguan kamtibmas.
  4. Pemberitahuan Kegiatan Massal: Setiap kali ada hajatan atau kegiatan yang melibatkan orang banyak, diharapkan agar segera memberitahukan kepada tiga pilar, yaitu Babinkamtibmas, Babinsa, dan pihak kelurahan, guna memastikan kelancaran dan keamanan acara tersebut.
  5. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) : dalam upaya ini Kasat Binmas mengajak warga untuk secara bersama – sama menjaga keamanan dan melaporkan kepada Bhabinkamtibmas atau Kantor Polisis terdekat jika ada informasi terkait perekrutan tenaga kerja illegal. Tindakan ini bertujuan agar masyarakat terhindar dari potensi eksploitasi dan Perdagangan orang.
  6. Pencegahan Karhutla: Mengingat musim kemarau, Kasat Bimas mengimbau warga yang membuka lahan agar tidak menggunakan pembakaran sebagai metode penghilangan lahan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat merugikan orang lain.
  7. Hewan Penyebar Rabies (HPR): Kasat Bimas Polres Manggarai menghimbau pemilik hewan peliharaan untuk mengikat hewan mereka guna mencegah gangguan kamtibmas terkait dengan hewan penyebar rabies.
  8. Pesta Demokrasi: Menjelang pesta demokrasi, Kasat Bimas mengingatkan warga untuk tetap menjaga situasi kamtibmas di wilayah Karot. Meskipun pilihan politik bisa berbeda, harmoni dan persatuan tetap harus dijaga.
  9. Penertiban Parkir: Berkaitan dengan parkir mobil ekspedisi yang tidak sesuai tempatnya, diharapkan agar melakukan pendekatan kepada pemiliknya dengan cara yang baik untuk memberikan pengertian.
  10. Data ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa): Kasat Bimas juga mengingatkan pentingnya mencatat data ODGJ dan melakukan pendekatan kepada keluarganya untuk memastikan mereka mendapatkan perhatian yang layak.

Kegiatan tatap muka dan berdiskusi ini berjalan dengan aman dan lancar. Para Ketua RT/RW sekelurahan Karot menyambut baik inisiatif Polres Manggarai yang telah meluangkan waktu untuk berdiskusi bersama guna membahas tugas-tugas mereka di wilayah tugasnya. Hal ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama dan meningkatkan keamanan serta ketertiban di Karot.(MBA)