Sosialisasi TPPO dan Pencegahan Bahaya Lainnya di Kampung Watudali, Desa Persiapan Luju Mas

Sosialisasi TPPO dan Pencegahan Bahaya Lainnya di Kampung Watudali, Desa Persiapan Luju Mas

Tribratanewsmanggarai.com-

Satar Mese Barat, 06 Desember 2023 - Petugas Bhabinkamtibmas Satar Mese Barat, Bripka ARSEL LIUNIMA, dan Briptu RICARD MANDIRI aktif melaksanakan sambang dan berdiskusi dengan warga di kampung Watudali pada hari Rabu, tanggal 06 bulan Desember tahun 2023, mulai pukul 11.30 WITA hingga pukul 13.00 WITA.

Pada kesempatan tersebut, Bripka ARSEL LIUNIMA bersama Briptu RICARD MANDIRI berdiskusi dengan Bapak KORNELIS DENI dan keluarga mengenai pemeliharaan Kamtibmas, khususnya dalam menghadapi tahapan Pemilihan Umum (PEMILU). Mereka memberikan himbauan dan sosialisasi mengenai beberapa hal penting, antara lain:

1. Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas mengajak warga untuk lebih waspada terhadap tindak pidana perdagangan orang. Jika ada warga yang ingin direkrut untuk bekerja di luar daerah atau negeri, diharapkan segera menginformasikannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

2. Antisipasi Penyebaran Hewan Penular Rabies (HPR): Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, diingatkan untuk menjaga keamanan dengan mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengurangi risiko penyebaran rabies.

3. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan: Mengingat masuknya musim kemarau, petugas memberikan sosialisasi kepada warga agar berhati-hati dalam membersihkan lahan pertanian. Masyarakat diimbau untuk tidak membakar lahan, mengingat potensi dampak kebakaran hutan pada ekosistem dan lingkungan sekitar.

4. Antisipasi Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor): Warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap pencurian kendaraan bermotor. Petugas menekankan pentingnya memastikan keamanan rumah, seperti mengunci setir atau menyimpan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dengan baik.

5. Edukasi Kamtibmas "PEMILU DAMAI TERTIB DAN LANCAR UNTUK INDONESIA MAJU DAN SEJAHTERA": Bapak KAPOLDA NTT memberikan edukasi kepada masyarakat Kecamatan Satar Mese Barat tentang pentingnya mendukung pemilu yang damai. Masyarakat diingatkan untuk menjauhi kampanye hitam, politik uang, dan tidak terlibat dalam tindakan anarkis jika kubu politik yang mereka dukung kalah dalam Pemilu 2024.

Semua sosialisasi ini diharapkan dapat membantu menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan terhindar dari berbagai potensi ancaman. Masyarakat diajak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban demi terwujudnya Indonesia yang maju dan sejahtera.(MBA)