Sosialisasi Pencegahan TPPO, Bripka Semris Bell Gencar Lakukan Patroli Dialogis di Desa Kajong

Sosialisasi Pencegahan TPPO, Bripka Semris Bell Gencar Lakukan Patroli Dialogis di Desa Kajong

Tribratanewsmanggarai.com-

Reok Barat, 06 Desember 2023 - Bhabinkamtibmas Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, Bripka Semris Bell, melaksanakan kegiatan patroli dialogis pada hari Rabu, 06 Desember 2023. Kegiatan ini berlangsung di Kampung Jong, Desa Kajong, dengan tujuan mendekatkan diri kepada warga dan memastikan situasi kamtibmas tetap kondusif di wilayah binaannya.

Bripka Semris Bell aktif menjalin interaksi dengan masyarakat di sekitar Dusun Jong, menyambangi beberapa rumah warga untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Giat patroli dialogis ini merupakan bagian dari kegiatan rutin Bhabinkamtibmas untuk menjaga hubungan baik antara aparat kepolisian dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Semris Bell menyampaikan pesan-pesan kamtibmas yang penting, termasuk himbauan terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Kenakalan Remaja, HPR (Hari Peringatan Rasulullah), Karhutlah (Kebakaran Hutan dan Lahan), serta SitKamtibmas menjelang Pemilu 2024.

Beberapa poin yang disampaikan oleh Bripka Semris Bell adalah sebagai berikut:

  1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Bhabinkamtibmas menghimbau agar masyarakat turut membantu pemerintah dalam menangani Tindak Pidana Perdagangan Orang untuk mencegah anggota keluarga dan kerabat menjadi korban TPPO.
  2. Kewajiban Mengikat Hewan Peliharaan: Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, seperti anjing, diminta untuk mengikat atau mengandangkan hewan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit Rabies.
  3. Pencegahan Karhutlah: Meskipun sudah memasuki musim hujan, Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dalam membuka lahan agar tidak memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.
  4. Pengawasan Terhadap Anak-anak dan Remaja: Orang tua diminta untuk selalu mengawasi anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Sementara itu, remaja diingatkan untuk tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.
  5. Bijak Berpolitik Menjelang Pemilu 2024: Menyikapi Pemilu 2024, Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat agar bijak dalam berpolitik. Penting untuk menjaga keharmonisan hubungan keluarga dan kekerabatan meskipun memiliki pilihan politik yang berbeda. Bhabinkamtibmas juga menghimbau agar selalu menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing-masing menjelang pemilu serentak tahun 2024.

Kegiatan patroli dialogis ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Desa Kajong.(MBA)