Satuan Binmas Polres Manggarai melalui Bhabinkamtibmas, Gencar Lakukan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, HPR dan Karhutla

Satuan Binmas Polres Manggarai melalui Bhabinkamtibmas, Gencar Lakukan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang, HPR dan Karhutla

Tribratanewsmanggarai.com-

Polres Manggarai, Kamis 21 September 2023 - AIPDA Julius Taniu, seorang Bhabinkamtibmas di Kecamatan Langke Rembong, Polres Manggarai, melakukan kegiatan sambang dan patroli dialogis di sekitar Kampung Watu, Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong pada hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Julius Taniu menyampaikan beberapa himbauan penting kepada warga setempat, mencakup pencegahan tindak pidana perdagangan orang (TPPO), bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

  1. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Bhabinkamtibmas Julius Taniu memberikan himbauan dan menjalin kerjasama dengan warga setempat terkait atensi khusus dari Bapak Kapolda NTT dalam rangka pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang marak terjadi di wilayah NTT. Ia menghimbau kepada warga untuk segera melaporkan jika menemukan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Ilegal (PJTKI) yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri dan Tenaga Kerja Ilegal (TKI) ke luar negeri. Laporan tersebut dapat disampaikan kepada pihak yang berwajib atau langsung kepada Bhabinkamtibmas agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat.
  2. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Bhabinkamtibmas juga mengingatkan warga yang memelihara Hewan Penyebar Rabies (HPR) seperti monyet, anjing, dan kucing untuk selalu mengikat atau mengkandangkan hewan-hewan tersebut. Selain itu, warga diminta untuk memberikan Vaksin Anti Rabies (VAR) secara berkala kepada hewan peliharaan mereka. Langkah ini penting untuk mencegah terjadinya gigitan yang berpotensi menyebabkan masalah atau bahkan korban akibat gigitan hewan penular rabies.
  3. Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla): Mengingat kondisi saat ini adalah musim kemarau dan beberapa bulan lagi akan memasuki musim hujan, Bhabinkamtibmas Julius Taniu menghimbau kepada warga agar berhati-hati dalam mengolah lahan pertanian. Warga diminta untuk tidak menggunakan sistem pembakaran yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran yang dapat merusak lingkungan dan mengancam keselamatan warga.

Bhabinkamtibmas Julius Taniu berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan warga dalam upaya menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan di wilayah Kecamatan Langke Rembong. Melalui kegiatan patroli dialogis seperti ini, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada terhadap berbagai potensi ancaman dan bekerja sama dalam mencegah berbagai tindakan kriminal serta masalah lingkungan.(MBA)