Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis Mantapkan Situasi Kamtibmas

Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis Mantapkan Situasi Kamtibmas
Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis Mantapkan Situasi Kamtibmas

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai – Dalam upaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, Satuan Samapta Polres Manggarai melaksanakan patroli dialogis pada Kamis, 17 Oktober 2024 pukul 12.00 WITA. Kegiatan patroli ini mencakup penyampaian himbauan terkait Kamtibmas serta pengaturan lalu lintas di Kota Ruteng.

Patroli ini menyasar berbagai lokasi seperti sekolah-sekolah, terutama SMA dan sederajat, serta pelajar yang berada di lingkungan tersebut. Selain itu, petugas juga berinteraksi dengan masyarakat di berbagai titik, termasuk sopir angkutan kota (angkot), kernet di pangkalan angkot, serta masyarakat yang ditemui di pertigaan dan perempatan jalan.

Dalam pelaksanaan patroli, anggota Sat. Samapta mengadakan komunikasi dialogis dengan masyarakat, sopir angkot, pelajar, dan para guru. Mereka memberikan himbauan terkait keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) serta menjaga situasi Kamtibmas. Petugas juga menyampaikan pesan-pesan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas dan gangguan Kamtibmas, serta menghindari hambatan yang bisa menimbulkan kemacetan.

Selain itu, petugas berdialog dengan para sopir yang datang dari pedesaan untuk menggali informasi mengenai potensi gangguan Kamtibmas di luar kota. Hal-hal seperti mabuk-mabukan, pencurian, dan tindakan kriminal lainnya menjadi fokus pembicaraan guna mencegah potensi ancaman keamanan.

Kegiatan patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat. Dengan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, patroli ini berfungsi sebagai upaya preventif untuk mencegah bertemunya niat dan kesempatan yang dapat memicu tindak kriminalitas. Selain itu, patroli ini juga memperkuat kemitraan antara polisi dan masyarakat, yang berperan penting dalam memperoleh informasi dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga Kamtibmas.

Patroli dialogis, himbauan, penertiban, dan pengaturan lalu lintas dilaksanakan menggunakan satu unit kendaraan dinas roda enam (Randis R6) dan tiga unit sepeda motor dinas (R2) Samapta, dengan kekuatan personel sebanyak 10 orang. Patroli dipimpin oleh Kanit Turwali Samapta, Aipda Thomas, S.H.

Selama kegiatan berlangsung, situasi terpantau aman dan terkendali. Arus lalu lintas berjalan dengan tertib dan lancar tanpa hambatan.(MBA)