Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Lalin di Kota Ruteng

Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Lalin di Kota Ruteng
Sat. Samapta Polres Manggarai Gelar Patroli Dialogis dan Pengaturan Lalin di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Manggarai, Kamis, 13 Juni 2024 – Anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat Patroli Dialogis, Sambang dalam Kota pada pukul 09.00 WITA. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan himbauan serta penertiban dan pengaturan lalu lintas di sepanjang Rumjab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Sasaran patroli kali ini adalah kelompok masyarakat yang berkumpul di berbagai tempat seperti depan toko/kios, di jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perempatan, serta para penumpang. Selain itu, arus lalu lintas juga menjadi fokus utama dalam patroli ini.

Selama patroli, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, termasuk tukang ojek, sopir angkot, dan pedagang. Mereka dihimbau untuk pindah ke tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda atau pengelola pasar. Selain itu, petugas memberikan himbauan mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) serta keselamatan dan ketertiban lalu lintas (Kamseltibcarlantas). Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas, terutama menjelang pesta demokrasi dan Pilpres.

Patroli ini juga bertujuan untuk mencari informasi di lingkungan pasar terkait hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas seperti pencurian dan pencopetan. Dengan demikian, patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas. Selain itu, patroli juga bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah masyarakat, mencegah terjadinya kriminalitas, memberikan rasa aman dan tenteram, serta menjalin hubungan kemitraan dengan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi.

Patroli dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan R4 Dimax Samapta dengan kekuatan personel sebanyak 6 orang. Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman dan terkendali, serta arus lalu lintas tertib dan lancar.

Dengan adanya patroli ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih aman dan terlindungi, serta situasi keamanan dan ketertiban di Kota Ruteng tetap terjaga.(MBA)