Petugas Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara Sambangi Warga untuk Antisipasi Kasus TPPO

Petugas Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara Sambangi Warga untuk Antisipasi Kasus TPPO

Tribratanewsmanggarai.com-

Rahong Utara, Sabtu (30/09/2023) - Aipda Ridwan Lubalu, Petugas Bhabinkamtibmas di Kecamatan Rahong Utara, aktif melaksanakan patroli dan sambang ke rumah Bapak Jevan serta bertemu dengan beberapa warga yang ada di wilayahnya.

Dalam kesempatan yang berlangsung hangat ini, petugas Bhabinkamtibmas menyampaikan sejumlah informasi penting kepada Bapak Jevan dan masyarakat setempat. Salah satu isu yang menjadi perhatian adalah maraknya kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Petugas Bhabinkamtibmas memberikan arahan kepada masyarakat untuk lebih waspada dan aktif dalam mengantisipasi kasus-kasus TPPO yang sering terjadi.

Selain itu, dengan memasuki musim kemarau, petugas juga memberi arahan terkait pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat diminta untuk berhati-hati dan melaporkan segera jika ada aktivitas mencurigakan yang dapat memicu kebakaran.

Masalah lain yang disoroti adalah penularan Rabies melalui hewan, seperti Anjing dan Kucing. Petugas Bhabinkamtibmas menyarankan agar pemilik hewan peliharaan mengikat atau mengandangkan hewan mereka untuk menghindari kemungkinan penularan penyakit yang tidak diinginkan.

Terkait dengan TPPO, petugas Bhabinkamtibmas juga mengingatkan agar siapa pun yang mengetahui adanya penyaluran tenaga kerja ilegal (PJTKI) atau tenaga kerja ilegal yang hendak berangkat ke luar negeri segera melaporkannya kepada Petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat. Langkah ini diambil untuk mencegah praktik TPPO yang merugikan masyarakat.

Menanggapi arahan dari petugas Bhabinkamtibmas, Bapak Jevan dan beberapa warga menyampaikan bahwa hingga saat ini, belum ada laporan atau informasi mengenai tetangga atau keluarga yang menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah mereka. Meskipun demikian, mereka mengapresiasi upaya petugas dalam memberikan pemahaman dan antisipasi terhadap masalah ini.

Petugas Bhabinkamtibmas akan terus melakukan patroli dan sambang ke warga guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mencegah potensi kasus TPPO di wilayah Rahong Utara.(MBA)