Petugas Bhabinkamtibmas Bripka Semris Bell Gencar Lakukan Pencegahan TPPO dan Himbauan Pemilu Damai di Kecamatan Reok Barat

Petugas Bhabinkamtibmas Bripka Semris Bell Gencar Lakukan Pencegahan TPPO dan Himbauan Pemilu Damai di Kecamatan Reok Barat

Tribratanewsmanggarai.com-

Reok Barat, 15 Januari 2024 - Bripka Semris Bell, Bhabinkamtibmas di Kecamatan Reok Barat, terus aktif dalam melaksanakan tugasnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Pada hari Senin, tanggal 15 Januari 2024, Bripka Semris Bell melakukan kegiatan patroli dialogis di jalan umum Reok-Kajong, khususnya di Dusun Jong Desa Kajong.

Dalam giat patroli tersebut, Petugas Bhabinkamtibmas fokus pada pencegahan berbagai tindak kejahatan, termasuk Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), bahaya gigitan Hewan Penular Rabies (HPR), kenakalan remaja, dan memberikan himbauan terkait Pemilihan Umum (Pemilu) Damai 2024.

Petugas Bhabinkamtibmas berhasil menyambangi beberapa warga masyarakat dan berdialog dengan mereka. Dari hasil sambang, diketahui bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO di wilayah tersebut.

Berikut adalah himbauan dan pesan-pesan Kamtibmas yang disampaikan oleh Bripka Semris Bell:

A. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Petugas Bhabinkamtibmas mengedukasi masyarakat untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Masyarakat dihimbau agar mengikuti jalur resmi yang telah ditetapkan pemerintah melalui PJTKI. Jika ada tawaran pekerjaan di luar daerah/negeri, diimbau untuk segera melaporkannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat untuk mencegah terjadinya TPPO.

B. Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR): Bripka Semris Bell mengajak pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing untuk mengandangkan atau mengikat hewan peliharaan mereka guna mencegah gigitan yang dapat menyebabkan penularan rabies. Langkah ini diambil sebagai upaya perlindungan terhadap masyarakat dari penyakit anjing gila.

C. Pencegahan dan Antisipasi Bencana Alam: Petugas Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca buruk seperti hujan dan angin kencang. Juga, dihimbau agar tidak membangun rumah di daerah rawan longsor. Bripka Semris Bell mendorong masyarakat untuk menjaga dan melestarikan alam, termasuk melarang tindakan seperti penebangan pohon dan penggalian pasir serta batu di daerah rawan longsor.

D. Penggalangan Kamtibmas dan Himbauan Pemilu Damai 2024: Bripka Semris Bell mengajak masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama proses pemilu dan tidak terprovokasi oleh pihak yang ingin mengganggu situasi tersebut. Dalam menghadapi perbedaan pilihan politik, Petugas Bhabinkamtibmas memberikan edukasi bahwa demokrasi melindungi perbedaan tersebut. Masyarakat dihimbau untuk tidak saling memusuhi dan menjunjung tinggi kebebasan memilih calon dalam pemilihan umum. Jika terjadi gangguan kamtibmas, masyarakat diminta untuk segera melaporkannya kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat.

Dengan adanya upaya pencegahan dan himbauan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih aware terhadap potensi risiko dan bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman, damai, dan kondusif.(MBA)