Perangi TPPO, Karhutla dan HPR, Bhabinkamtibmas Kec. Langke Rembong, BRIPKA M. Alif Jafrin Sambangi Warga Binaan.

Perangi TPPO, Karhutla dan HPR, Bhabinkamtibmas Kec. Langke Rembong, BRIPKA M. Alif Jafrin Sambangi Warga Binaan.

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 25 September 2023 - Pada hari Senin, 25 September 2023, Bhabinkamtibmas Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, BRIPKA M. Alif Jafrin, melaksanakan patroli dan sambang di sekitar wilayahnya, khususnya di rumah warga RT 11 Kelurahan Satar Tacik. Dalam kesempatan tersebut, petugas Bhabinkamtibmas bertemu dengan sejumlah masyarakat yang sedang berkumpul, dan BRIPKA M. Alif Jafrin memberikan beberapa himbauan penting.

Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan)

Bhabinkamtibmas mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan. Dalam musim kemarau seperti sekarang, ia menekankan agar warga tidak menggunakan metode pembakaran saat membuka lahan atau kebun baru. Hal ini untuk menghindari potensi terjadinya kebakaran yang dapat merugikan banyak pihak. Solidaritas dan kerjasama masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang)

Selanjutnya, BRIPKA M. Alif Jafrin juga memberikan himbauan terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Ia mengingatkan warga bahwa jika ada tawaran pekerjaan di luar negeri dengan janji gaji besar, segera hubungi Bhabinkamtibmas atau pihak kepolisian setempat. Tujuan dari himbauan ini adalah untuk melindungi warga dari potensi eksploitasi dan penipuan terkait pekerjaan di luar negeri. Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai warga yang menjadi korban TPPO di wilayah sekitar.

HPR (Hewan Penular Rabies)

Tidak hanya itu, Bhabinkamtibmas juga memberikan himbauan terkait Hewan Penular Rabies (HPR), seperti anjing dan kucing. Ia mengingatkan warga agar hewan peliharaan mereka diikat atau dikandangkan dengan baik, terutama saat hewan-hewan tersebut berpotensi berkeliaran dan membahayakan warga sekitar. Tindakan preventif ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keamanan masyarakat.

BRIPKA M. Alif Jafrin berharap agar semua himbauan ini dapat diterapkan oleh warga Kecamatan Langke Rembong demi kebaikan bersama dan untuk menjaga ketertiban serta keamanan lingkungan. Patroli rutin dan sambang Bhabinkamtibmas merupakan salah satu upaya Polri dalam mendekatkan diri dengan masyarakat dan memastikan keamanan wilayah tetap terjaga dengan baik.(MBA)