Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai Jamin Keamanan dan Ketertiban di Ruteng

Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai Jamin Keamanan dan Ketertiban di Ruteng
Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai Jamin Keamanan dan Ketertiban di Ruteng
Patroli Dialogis Satuan Samapta Polres Manggarai Jamin Keamanan dan Ketertiban di Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng, 19 Juni 2024 – Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Satuan Samapta Polres Manggarai menggelar Patroli Dialogis pada hari ini, Rabu, 19 Juni 2024, pukul 09.00 WITA. Anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan giat Patroli Dialogis dan Sambang dalam Kota untuk menyampaikan himbauan serta penertiban/pengaturan lalu lintas sepanjang Rujab/Aspolres dan kompleks Pasar Inpres Ruteng.

Patroli ini menyasar masyarakat yang berkumpul di depan toko atau kios, di jalan, tukang ojek, sopir angkot, sopir travel, pertigaan, perempatan, dan para penumpang di beberapa tempat serta arus lalu lintas.

Selama pelaksanaan Patroli, petugas berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, termasuk tukang ojek, sopir angkot, dan pedagang, agar pindah ke tempat yang telah disediakan oleh pihak Pemda atau pengelola pasar. Sambil memberikan himbauan tentang Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas, petugas berupaya mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas, baik di area pasar maupun tempat lainnya di dalam maupun luar kota. Hal ini terutama penting dalam menghadapi pesta demokrasi dan Pilpres.

Selain itu, petugas juga mencari informasi di lingkungan pasar tentang hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas seperti pencurian dan pencopetan.

Patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitasnya. Selain itu, kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat bertujuan mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas. Patroli ini juga bertujuan mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, rasa aman, dan rasa tentram pada masyarakat, serta menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat. Tidak ketinggalan, patroli ini juga bertujuan untuk pembatasan gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli Dialogis, sambang, penertiban, dan pengaturan dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan R4 Dimax Samapta dengan jumlah 6 personil Satuan Samapta Polres Manggarai. Selama kegiatan berlangsung, situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali serta arus lalu lintas tertib dan lancar.

Diharapkan kegiatan ini dapat terus meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta memastikan kelancaran aktivitas sehari-hari tanpa gangguan.(MBA)