Patroli Bhabinkamtibmas dan Sosialisasi TPPO, Rabies, dan Pencegahan Bencana Alam di Kampung Tuke

Patroli Bhabinkamtibmas dan Sosialisasi TPPO, Rabies, dan Pencegahan Bencana Alam di Kampung Tuke

Tribratanewsmanggarai.com-

Langke Rembong, 29 Desember 2023 - Pada hari ini, Jumat, 29 Desember 2023, Aipda Makasimus Setu dan Bripka Matheus Maju, Bhabinkamtibmas di wilayah Langke Rembong, melaksanakan patroli rutin sekitar Kampung Tuke Kelurahan Compang Tuke. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pihak kepolisian untuk menjaga situasi kamtibmas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Dalam patroli tersebut, petugas Bhabinkamtibmas menyambangi rumah salah satu tokoh pemuda, Bapak Rofinus Pangkut, yang terletak di RT 001/RW001. Kedatangan petugas bertujuan untuk berkoordinasi terkait SISKAMTIBMAS (Sistem Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di sekitar Kampung Tuke, serta melakukan patroli dan pengawasan terhadap masyarakat terkait penggunaan marcon, kembang api/petasan.

Petugas juga memberikan himbauan kepada warga terkait penggunaan petasan pada malam pergantian tahun. Masyarakat diminta agar tidak melakukan atau membunyikan petasan pada saat warga lain sedang beristirahat dan ibadah misa, sebagai bentuk penghormatan terhadap kegiatan keagamaan.

Selain itu, Bhabinkamtibmas menyampaikan beberapa himbauan dan sosialisasi kepada warga sekitar, antara lain:

1. Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO): Warga diminta untuk segera memberitahu Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika ada rekrutmen pekerjaan di luar daerah/negara.

2. Sosialisasi Pencegahan Hewan Penyebar Rabies (HPR): Pemilik hewan peliharaan diminta untuk menjaga keamanan dan mengikat hewan peliharaan mereka guna mencegah penularan rabies.

3. Sosialisasi Pencegahan Bencana Alam: Warga diingatkan untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem, seperti hujan tinggi, angin kencang, dan potensi tanah longsor. Masyarakat di pinggir pantai, sungai, bukit, atau lereng gunung diminta untuk mengungsi ke tempat yang aman jika diperlukan.

4. Sosialisasi Pencegahan Curanmor: Warga diingatkan untuk memastikan keamanan kendaraan bermotor mereka dan tidak membeli kendaraan yang tidak memiliki dokumen lengkap.

5. Edukasi Kamtibmas Pemilu 2024: Masyarakat diajak untuk mendukung pemilu yang damai dan tertib. Himbauan meliputi menjauhi kampanye hitam, politik uang, dan ajakan atau hasutan untuk tindakan anarkis jika kubu politik kalah dalam pemilu.

Dengan adanya patroli dan sosialisasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih aware terhadap potensi risiko dan menjaga keamanan dan ketertiban bersama.(MBA)