Patroli Dialogis Sat. Samapta Polres Manggarai, Jaga Situasi Kamtibmas Kondusif

Patroli Dialogis Sat. Samapta Polres Manggarai, Jaga Situasi Kamtibmas Kondusif

Tribratanewsmanggarai.com-

Ruteng - Dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, pada hari Rabu, 26 Juni 2024 pukul 09.00 WITA, anggota Samapta Polres Manggarai melaksanakan kegiatan patroli dialogis, himbauan Kamtibmas, serta pengaturan lalu lintas di beberapa tempat dalam kota Ruteng.

Sasaran patroli kali ini adalah kerumunan masyarakat yang berkumpul di beberapa tempat strategis, seperti terminal penumpang Mena, terminal Pasar Puni, pedagang kaki lima, pembeli, tukang ojek, sopir angkot, para penumpang, serta arus lalu lintas.

Petugas patroli berkomunikasi secara dialogis dengan masyarakat yang dijumpai, termasuk tukang ojek, sopir angkot, dan penumpang. Mereka memberikan himbauan tentang Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas untuk mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas dan kemacetan arus lalu lintas baik di area terminal, pasar, perempatan, maupun tempat lainnya. Selain itu, petugas juga mencari informasi di tengah pedagang untuk memperoleh informasi tentang harga sembako serta hal-hal lain yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Patroli ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang melaksanakan aktivitasnya. Selain itu, kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat bertujuan untuk mencegah bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas, mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman, serta rasa aman dan tenteram pada masyarakat. Patroli ini juga bertujuan menjalin hubungan sebagai mitra masyarakat untuk mendapatkan informasi dan partisipasi masyarakat serta pembatasan gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Patroli dialogis, penertiban, dan pengaturan lalu lintas dilaksanakan dengan menggunakan 1 unit Randis R4 Dimex Samapta, dengan kekuatan personel sebanyak 8 orang yang dipimpin oleh Bapak Kanit 2 Dalmas Samapta, Aipda Joost Oliver Muda.

Kegiatan berlangsung dengan baik. Situasi dalam kota dan sekitarnya terpantau aman terkendali serta arus lalu lintas tertib dan lancar.(MBA)