Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara

Patroli dan Sambang Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara

Tribratanewsmanggarai.com-

Kampung Loi, Desa Buar – Selasa, 25 Juni 2024 - Pada hari ini, Selasa, 25 Juni 2024, pukul 10.00 WITA, Aipda Kornelius Jemarus, selaku Bhabinkamtibmas Kecamatan Rahong Utara, melaksanakan kegiatan patroli dan sambang di Kampung Loi, Desa Buar. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan himbauan Kamtibmas guna mencegah tindak pidana perdagangan orang (TPPO), hewan penular rabies (HPR), dan kenakalan remaja.

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Kornelius Jemarus bertemu dengan Bapak Nedi beserta keluarganya. Dalam pertemuan ini, Bapak Nedi dan warga lainnya menginformasikan bahwa hingga saat ini belum ada warga atau keluarga yang menjadi korban TPPO.

Aipda Kornelius Jemarus menyampaikan berbagai edukasi dan himbauan Kamtibmas sebagai berikut:

A. Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO)

Petugas Bhabinkamtibmas menghimbau warga untuk tidak tergiur bekerja di luar negeri secara ilegal dengan iming-iming gaji besar. Warga diharapkan mengikuti jalur atau mekanisme resmi dari pemerintah melalui PJTKI jika ingin bekerja di luar negeri. Selain itu, jika ada warga yang direkrut untuk bekerja di luar daerah atau luar negeri, mereka diminta segera menginformasikannya ke Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat guna mencegah terjadinya TPPO.

B. Pencegahan Bahaya Gigitan Hewan Penular Rabies (HPR)

Aipda Kornelius Jemarus menghimbau Bapak Nedi dan warga lainnya untuk mengingatkan pemilik hewan peliharaan seperti anjing dan kucing agar wajib mengandangkan atau mengikat hewan tersebut untuk mencegah gigitan yang dapat menularkan rabies (penyakit anjing gila).

C. Pencegahan Kenakalan Remaja

Aipda Kornelius Jemarus juga menghimbau warga untuk melaporkan kepada petugas Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat jika terjadi gangguan Kamtibmas. Warga diminta untuk menghindari tindakan main hakim sendiri dan selalu berkoordinasi dengan pihak berwenang guna menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Warga Kampung Loi, Desa Buar, menyambut baik kegiatan patroli dan sambang yang dilakukan oleh Aipda Kornelius Jemarus. Mereka merasa lebih teredukasi dan siap untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan warga semakin sadar akan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban serta terhindar dari berbagai macam kejahatan dan penyakit.(MBA)