Patroli dan Pengaturan Arus lalu Lintas oleh Satuan Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng

Patroli dan Pengaturan Arus lalu Lintas oleh Satuan Samapta Polres Manggarai di Kota Ruteng

Tribratanewsmanggarai.com-

Kota Ruteng, Jumat, 08 September 2023 - Pukul 09.15 WITA

Hari ini, Jumat, 08 September 2023, pukul 09.15 WITA, Satuan Samapta Polres Manggarai kembali melaksanakan giat patroli dialogis serta pengaturan arus lalin di beberapa tempat dalam Kota Ruteng. Patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat, mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, dan memberikan perlindungan serta pengayoman kepada masyarakat.

Sasaran patroli kali ini meliputi kerumunan orang di terminal, sopir angkot, tukang ojek, serta arus lalu lintas dalam kota Ruteng. Dalam melaksanakan tugasnya, petugas dari Satuan Samapta Polres Manggarai berkomunikasi dialogis dengan masyarakat yang berkerumun, menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, dan memberikan himbauan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah tindak pidana atau kejahatan lainnya seperti pencurian, pencopetan, dan pemalakan.

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada sopir dan tukang ojek agar dalam mengemudikan kendaraan mematuhi ketentuan yang berlaku, dengan mengutamakan keselamatan penumpang. Mereka juga berdialog dengan masyarakat dari luar kota untuk mencari informasi tentang gangguan kamtibmas dari luar kota, serta memberikan himbauan kepada masyarakat yang beraktivitas agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam upaya menciptakan lingkungan yang aman dan tertib, petugas Satuan Samapta Polres Manggarai juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu atau informasi yang tidak benar serta hoax, demi menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa aman dalam beraktivitas dan senang dengan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah mereka. Patroli ini juga merupakan bagian dari upaya pencegahan bertemunya faktor niat dan kesempatan yang memungkinkan timbulnya kriminalitas.

Patroli ini melibatkan kuat personel sebanyak 8 orang, yang dipimpin oleh Kanit Dalmas 2, Aipda Joost O.R. Moeda. Dengan semangat penuh dan kesadaran akan tugasnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, Satuan Samapta Polres Manggarai terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Ruteng.(MBA)